Bagaimana Melatih Anak Agar Taat Beragama?

BAGAIMANA MELATIH ANAK AGAR TAAT BERAGAMA?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Pertanyaan polos ini disampaikan oleh seorang bapak berusia 45-an tahun. Dari obrolan sebelumnya, saya paham maksudnya, yakni bagaima agar anak taat beribadah? Saya jawab spontan, "Kasih contoh saja Pak!"

Ia terdiam. Saya melanjutkan, "Ini memang mudah dikatakan. Tapi butuh niat dan komitmen dalam mengamalkannya."

Jawaban semacam ini sebenarnya bukan hanya untuk anaknya, tetapi juga untuk orang tuanya.

$ads={1}

Bapak tadi masih terdiam. Saya melanjutkan, "Jika anak-anak belum bisa aktif berjamaah, atau rutin mengaji misalnya, lanjutkan saja orang tuanya memberikan contoh. Dunia anak adalah dunia bermain. Tidak bisa dipaksakan saat itu juga. Yakinkanlah, memori yang tertanam dalam diri anak melalui praktik keseharian orang tua, pada saatnya akan dipraktikkan oleh anaknya." 

Yang terakhir ini saya sangat yakin karena ini menimpa diri sendiri. Orang tua saya dulu selalu membangunkan saya shalat shubuh berjamaah, yasin-tahlil malam jumat dan berangkat ke Surabaya untuk mengikuti kegiatan manakiban di Kedinding. Waktu itu, saya ogah ogahan. Sekarang, setelah anak-anak saya beranjak besar, saya sangat menikmati tiga amalan itu. 

$ads={2}

Syahdan, dimana pun ketika mendengar lantunan manakib dengan irama seperti ini, saya luluh.

Oleh : Ustadz A Khoirul Anam

Demikian Artikel " Bagaimana Melatih Anak Agar Taat Beragama? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close