Pentingnya Mondok di Pesantren Untuk Generasi Milenial Jaman Sekarang

PENTINGNYA MONDOK DI PESANTREN UNTUK GENERASI MILENIAL JAMAN SEKARANG

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Banyak kaum muslimin yang masih belum paham fungsi dari Pondok Pesantren. Karena ketidaktahuannya, banyak orang tua yang menganggap Pondok Pesantren merupakan sarana yang tepat untuk mendidik anak-anak nakal menjadi baik.

Padahal, Pesantren merupakan tempat belajar. belajar tentang kehidupan dari cara berkomunikasi, berkeluarga, menjadi pemimpin, tanggung jawab dan yang lainnya sesuai yang disyariatkan oleh agama islam. Jika dikatakan pondok pesantren untuk anak yang nakal, rasanya kurang pas.

$ads={1}

Karena nakal tidaknya seorang anak tergantung dari didikan dan pengawasan orang tuanya. Jika ia diberikan pendidikan dan pengajaran yang baik, Insya Allah ia akan baik pula sebagaimana ia mendidiknya.

Apakah Generasi Milenial zaman sekarang relevan dengan pondok pesantren?

Kata Al Imam Al Ghazali radhiyallahu 'anhu dalam Ihya' Ulumiddin :

لأن الطباع مجبولة على التشبه والاقتداء، بل الطبع يسرق من الطبع من حيث لا يدرى صاحبه.

"..karena karakter manusia itu cenderung untuk menirukan dan mengikuti orang lain yang selalu bersamanya, bahkan kadang mereka ikut2an itu tanpa sadar." 

Kalo di lingkungan itu isinya orang yang santun prilakunya, lembut nada bicaranya, ibadah aktifitasnya, jujur kepribadiannya, jamaah selalu sholatnya, pokoknya karimah banget akhlak keseharian yang dicontohkannya, apalagi hal ini berjalan selama bertahun tahun, dan lagi itu terjadi pada anak² atau remaja yang masih mudah sekali terpengaruh, maka kebaikan² itu akan tertanam dengan baik dan selanjutnya bisa menjadi karakter mereka. 

Tapi kalo setiap hari contoh yang mereka dapatkan adalah orang tua yang berjam² habis waktunya di depan televisi atau sibuk dengan smartphone, berkumpul dengan teman pun isinya hanya nge-game, tiktokan, dan sebagainya, maka generasi seperti apa yang akan kita temui dalam beberapa tahun ke depan?

Pondok pesantren adalah tempat pendidikan terbaik, terutama bagi orang tua yang belum mampu mendidik anak²nya dengan baik, entah karena kesibukan atau karena memang kurang memiliki kemampuan mentarbiyah. 

$ads={2}

Wa Allah ta'ala a'lam 

-

Al Quthb Syech Abdullah Alaydrus berkata : "Ulama ahli ma'rifat telah ijma' bahwa tidak ada yang lebih bermanfaat untuk hati dan mendekatkan pada ridha Allah ta'ala daripada mengikuti Imam Al Ghazali dan mencintai kitab² karyanya. Kitab² Imam Al Ghazali adalah intisari Al Qur'an dan As Sunnah, intisari ilmu ma'qul dan ilmu manqul, dan Allah ta'ala yang menjamin (kebenaran) ucapanku ini." 

Al Manhajus Sawi, hal. 413 

( Ustadz Ahmad Atho / Rumah Muslimin )

Demikian Artikel " Pentingnya Mondok di Pesantren Untuk Generasi Milenial Jaman Sekarang "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close