Barokah Al-Qadhi Abu Syuja'

BAROKAH AL-QADHI ABU SYUJA'

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Nama Abu Syuja' melekat dengan nama kitab yang popular dengan nama Matan Abu Syuja'. Kitab fikih dasar di dalam Mazhab Imam al-Syafi'i ini sangat popular melampaui zamannya.

Mempelajari Matan Abu Syuja' merupakan keharusan bagi yang ingin menguasai Mazhab Imam al-Syafi'i. Kitab ini diberi penjelasan oleh banyak ulama, di antaranya adalah: 

1. Kifāyat ul-Akhyar fi Halli Ghāyat il-Ikhtishar, karya Imam Taqiyuddin Abu Bakr al-Dimisyqi 

2. Al-Iqnā' fi Halli Alfazhi Abi Syuja', karya Imam al-Syirbini al-Khatib. Dibandingkan Kifayat ul-Akhyar, kitab al-Iqna' lebih sulit dipahami. Entah kenapa. Padahal, di dalam Mughny al-Muhtaj, penjelasan Imam al-Syirbini al-Khathib begitu mudah dipahami; 

3. Fath ul-Qarib il-Mujib 

4. Syarh ul-Mu'ashir li Matni Abi Syuja' karya ulama Iraq; 

5. Kitab al-Imta' karya Syaikh Hisyam al-Kamil Hamid; 

Dan masih banyak lagi yang belum diketahui.

$ads={1}

Popularitas Matan Abu Syuja' tidak terlepas dari kecintaan penulisnya kepada Rasulullah. Setelah menjalani tugas sebagai hakim dan pengajar di Baghdad selama 40 tahun, al-Qadhi Abu Syuja' memutuskan hijrah menjadi pelayan di Masjid Nabawi Madinah. Karena kecintaannya yang kuat, beliau diangkat sebagai pelayan kamar Rasulullah shallallāhu alaihi wa sallam. Pekerjaan itu dilakukannya sampai beliau wafat pada usia 160 tahun. Yang menakjubkan lagi, beliau dimakamkan di dekat Bāb Jibril di dekat makam Rasulullah, dan sekarang masuk area Masjid Nabawi. 

Barangkali, hanya al-Qadhy Syuja' yang mendapat kehormatan dimakamkan di dekat makam Rasulullah. Bahkan para Imam mazhab fikih tidak mendapat kesempatan itu.

Pelajaran yang bisa diambil dari sirah Abu Syuja' adalah bahwa sealim-alimnya seseorang, dia tidak mempunyai kehormatan apapun di hadapan Rasulullah. Itu ditunjukkan dengan keinginan Imam Abu Syuja' menjadi pelayan kamar makam Rasulullah. 

Rahimallāhu Aba Syujā', wa askanahu fasīha jannātihi...

$ads={2}

Oleh : KH. Abdi Kurnia Djohan

Demikian Artikel " Barokah Al-Qadhi Abu Syuja' "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close