Syaikh Abu bakar As Syatho Pengarang i'anatut Tholibin satu zaman dengan Mbah Kyai Abdul karim Lirboyo

SYAIKH ABU BAKAR AS SYATHO PENGARANG I'ANATUT THOLIBIN SATU ZAMAN DENGAN MBAH KYAI ABDUL KARIM LIRBOYO

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beberapa hari lalu saya Sowan ke dzurriyah Syaikh Abu bakar Asyatho pengarang ianatutholibin di kaliwungu kendal..

Nama beliau Sayyid Abu bakar Syatho' yang ada di Kaliwungu kendal adalah cucu dari Syaikh Abu bakar syatho' pengarang ianatu tholibin..

Nama beliau sama seperti nama kakeknya, sama2 abu bakar syatho', dan yang di hadapan saya itu tertulis Syarifah Fatimah binti ali jufri zaujatu Sayyid abi bakar assyatho' yang cucu bukan yang kakek..

Dan di komplek makam ini  juga terdapat banyak keluarga Assyatho' yang lainnya..

$ads={1}

Meski keduanya memiliki nama yang sama tapi beliau memiliki panggilan yang berbeda, yang kakek panggilannya adalah Sayyid Bakri, dan yang cucu panggilannya adalah Sayyid Bakur..

Sayyid Bakri (Abu bakar Assyatho') itu kira2 satu zaman dengan Mbah Yai Abdul Karim Lirboyo..

Sayyid bakri lahir tahun 1849M sedangkan Mbah Yai Abdul karim lahir pada tahun 1858M dan beliau berdua lebih tua dari Mbah yai Hasyim Asy'ari yang justru lahir di tahun 1871M.

Jadi Mbah Yai Hasyim itu Guru sekaligus Murid dari mbah Abdul karim, dan Mbah Yai Abdul karim itu juga Guru sekaligus Murid mbah Yai Hasyim Asy'ari  yang secara umur justru Mbah abdul karim itu sebenarnya lebih sepuh daripada mbah yai Hasyim Asy'ari..

Kembali ke Sayyid Abu bakar, Sayyid abu bakar ini memiliki kitab yang cukup monumental dan menjadi salah satu kitab rujukan di Pesantren2 Nusantara, beliau adalah Guru dari Syaikh Mahfudz Termas yang juga memiliki kitab monumental Atturmusi..

Selain Syaikh Mahfudz Atturmusi beliau juga memiliki murid yang bernama Kiai Ahmad Dahlan yang menjadi Muassis atau pendiri Muhamadiyah di indonesia ini..

Jadi Syaikh Abu bakar Assyatho ini sangat erat sekali hubungannya dengan ulama nusantara..

Kemudian sekitar tahun 60an cucu beliau ada yang hijrah dan menetap di Kaliwungu kendal, beliau adalah Sayyid Bakur di atas, dan diMakamkan di Kaliwungu kendal..

$ads={2}

Teruntuk beliau2..

Lahumul Fatihah..

Oleh : Gus Tsabit Abi Fadhil

Demikian Artikel " Syaikh Abu bakar As Syatho Pengarang i'anatut Tholibin satu zaman dengan Mbah Kyai Abdul karim Lirboyo "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close