Dawuh Imam Sufyan Ats-Tsauri Mengenai Harta

DAWUH IMAM SUFYAN ATS-TSAURI MENGENAI HARTA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di bawah ini merupakan dawuh dari Imam Sufyan Ats Tsauri radhiyallahu 'anhu : 

- "Sungguh, saya mati dengan meninggalkan uang sepuluh ribu dirham yang menyebabkan saya dihisab karenanya lebih saya suka daripada saya hidup dalam keadaan butuh pada orang lain." 

- "Dahulu harta adalah sesuatu yang makruh (tidak disukai), adapun sekarang, harta adalah perisai bagi orang mukmin." 

- Ada seseorang menghampiri Imam Ats Tsauri seraya berkata, "Wahai Abu Abdillah, Ulama sekaliber Anda memegang harta dinar sebanyak ini?". "Diam", kata Imam Ats Tsauri pada orang itu, "Seandainya tidak ada harta ini niscaya kita akan dianggap babu oleh para raja itu." 

$ads={1}

- "Barangsiapa memiliki harta maka kelola lah dengan baik, sebab ini adalah zaman dimana saat orang butuh (makan dan tidak punya uang) maka yang pertama ia jual adalah agamanya." 

- "Zuhud di dunia itu bukan dengan makan makanan tidak enak atau berpakaian jelek, zuhud di dunia adalah pendek angan²." 

Kyai saya sering berpesan, "zaman sekarang santri harus kaya", santri tidak boleh melarat. Santri yang melarat zaman sekarang itu kurang di dengar dan tidak diperhitungkan, dakwah dan nasyrul Ilminya pun jadi banyak hambatan, meskipun ia 'alim. 

$ads={2}

Wa Allah ta'ala a'lam 

Oleh : Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Dawuh Imam Sufyan Ats-Tsauri Tentang Harta "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close