Hari Jumat Sebagai Ramadhan Mingguan (Pekanan)

HARI JUMAT SEBAGAI RAMADHAN MINGGUAN (PEKANAN)

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Allah menuliskan keberkahan (keberlipatan pahala dan kebaikan) pada banyak hal. Waktu, tempat, person, bahkan suatu perbuatan.

Dalam konteks waktu, ramadan misalnya, keberkahan di dalamnya sdh sangat banyak diketahui oleh kita. Misalnya: 1 faridhah setara dgn 70 faridhah dan 1 nafilah setara dgn 1 faridhah (hadis Salman al-Farisi ra), siangnya puasa, malamnya qiyam, keduanya penuh dgn pahala yg berlipat ganda, tak biasa. Dan sebagainya.

Dan jumat, sebagai hari raya pekanan, ternyata jg menyimpan keberkahan tsbt. Solawat Nabi dianjurkan lebih banyak dilantunkan pada hari jumat (HR. Ahmad), ada satu waktu yg mustajab di hari jumat, level-level pahala dlm lomba paling awal datang ke masjid utk solat jumat, dan banyak lagi fadilah lainnya.

$ads={1}

Hal ini menunjukkan satu hal, di hari jumat, semua varian ibadah kita harus maksimal. Bahkan sejak bakda maghrib malamnya, karena dlm Islam pergantian tanggal dimulai stlh maghrib, kalender kamariah. Bisa kita isi dgn tilawah surat al-Kahfi, atau yasinan yg banyak dilakukan ikhwan nahdliyin. Dilanjut dgn solat malam, dan "ritual malam" bagi yg sdh pasutri xixi.

Secara umum, sebisa mgkn kita khususkan hari jumat dgn ibadah dan amal soleh yg lebih dari biasanya, dari hari lainnya. Ya sedekahnya, ya tilawahnya, ya solat malamnya, dlsb. Maka dari itu, banyak sekolah swasta Islam yg memilih libur hari jumat, mgkn ia menjadi salah satu pendorongnya. 

Walakhir, sebagaimana kita "jor-joran" utk beribadah dan beramal di bulan ramadan, karena tau fadilah beramal/beribadah di dalamnya, hendaknya di setiap jumat, kita jg menjadikannya sebagai waktu khusus utk jor-joran beribadah dan beramal soleh. Sehingga dapat mereguk banyak pahala, memanen ganjaran, setiap pekan sekali, hingga akhir hayat nanti. Amin 

$ads={2}

Wallahu a'lam bil shawab.

Oleh : Ustadz Muhammad Rifqi Arriza

Demikian Artikel " Hari Jumat Sebagai Ramadhan Mingguan (Pekanan) "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close