Foto-foto pelajar Ma'had (setingkat SMP/SMA di tanah air) Al-Azhar Mesir

FOTO-FOTO PELAJAR MA'HAD (SETINGKAT SMP/SMA DI TANAH AIR) AL-AZHAR MESIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Terkait pakaian 'seragam Azhary’, saya pernah membaca bahwa di masa mudanya, Syekh Hasan al-Syafi`i (ulama al-Azhar, guru besar Akidah) termasuk yang melazimkan untuk memakainya meskipun sedang tidak jam sekolah. Tentu untuk pergi ke tempat yang layak. Alasannya: untuk menjaga diri supaya merasa tidak pantas berbuat yang kurang pas bagi pemakai 'jubah dan serban' semacam itu.

$ads={1}

Saya jadi berpikir melihat foto ini. Kalau anak SMP/SMA al-Azhar berangkat dan pulang sekolah pakai ini, mana berani untuk melakukan atau pergi ke tempat yang 'nganu' (apapun yang jangankan jelek, pantas saja tidak). Misalnya, pulang sekolah malah nongkrong di mall atau main game online di tempat umum.

Dalam kitab al-Ilma` (hal. 61), Qadhi Iyadh (w. 544 H) meriwayatkan dengan sanadnya kepada Imam Malik. Sebelum berangkat 'sekolah', beliau pamit, "Bu, saya pergi belajar ya?". Ibunya berkata, "Sini dulu, pakai pakaian para ulama/pakaian ala ulama, baru pergi belajar". Kemudian beliau dipakaikan pakaian tertentu dan imamah/serban. Ibunya berkata, "Nah, sekarang baru kamu boleh pergi".

FYI, SMP/SMA al-Azhar Mesir itu bebannya berat. Grand Syekh al-Azhar sendiri menyampaikan bahwa bebannya setara beban belajar anak 'SMP/SMA negeri' ditambah akidah, fikih, akhlak, tafsir, hadis, sirah, usul fikih, nahwu, sharf dll.

Oleh : Ustadz Musa Al-Azhar

Berikut Foto-fotonya : 


$ads={2}



Demikian Artikel " Foto-foto pelajar Ma'had (setingkat SMP/SMA di tanah air) Al-Azhar Mesir "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close