Seorang Habib Yang Dibongkar Identitasnya Oleh Abah Guru Sekumpul

SEORANG HABIB YANG DIBONGKAR IDENTITASNYA OLEH ABAH GURU SEKUMPUL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Abah Guru Sekumpul dikenal sosok kharismatik penuh dengan karomah. Namanya masyhur di berbagai penjuru Nusantara. Jiwanya sebagai ulama’ sudah melekat sejak ia masih muda, yakni sejak tinggal di Keraton.

Abah Guru Sekumpul sudah mengajar & menunjukkan keulamaannya di khalayak umum. Walaupun demikian, Abah Guru Sekumpul selalu bersikap tawadhu, apalagi kepada para ulama yang lebih sepuh.

$ads={1}

Sikapnya yang penuh akhlakul kharimah, membuat orang-orang kagum dengannya, sehingga menumbuhkan rasa (mahabbah) kepada guru sekumpul bagi yang pernah bertemu dengannya.

Ada salah satu kisah menarik tentang karomah yang dimiliki oleh Abah Guru Sekumpul. Dimana kisah ini diceritakan langsung Oleh Al Habib Mahmud Al Baghaist dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat itu, beliau masih mengaji di Pesantren Darussalam Martapura. Ketika Habib Mahmud mengikuti pengajian di rumah Abah Guru Sekumpul di Keraton, Habib Mahmud duduk di serambi rumah Abah Guru. Pengajian itu juga dihadiri oleh guru-guru senior di Pesantren Darussalam.

Setelah menutup pengajiannya, Abah Guru Sekumpul meminta Habib Mahmud untuk berdiam diri dulu, tidak ikut pulang yang lain.

“Nang duduk di pelataran itu bedudi bulik (yang duduk di serambi itu pulangnya belakangan),” kata Abah Guru Sekumpul.

Setelah jama’ah santri pulang, maka Habib Mahmud disuruh menghadap Abah Guru. Beliau menanyakan nama dan asalnya. Habib Mahmud menjawab bahwa namanya adalah Raden (nama panggilan di kampungnya) dan berasal dari Samarinda (saat itu).

“Ikam kada kawa belindung lawan aku, pedatuan ikam saurang nang madahakan lawan aku, ngaran ikam sabujurannya adalah Sayyid Mahmud al-Baghaits. (Kamu tidak bisa menyembunyikan diri dariku, sebab Datuk kamu (Rasulullah SAW) sendiri yang mengatakan kepadaku. Nama kamu sebenarnya adalah Sayyid Mahmud Al-Baghaits).”

$ads={2}

Akhirnya Habib Mahmud Al-Baghaits mengiyakannya dan tidak bisa menyembunyikan identitasnya. 

Karomah yang dimiliki oleh Abah Guru Sekumpul sungguh luar biasa banyaknya. Banyak cerita-cerita yang dikisahkan oleh para muridnya ataupun yang bertemu dengannya bahkan ketika beliau telah wafatpun banyak karomah-karomah yang dirasakan oleh para pecintanya.

Semoga kita dapat keberkahan dari Abah Guru Sekumpul dan dapat dikumpulkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam di Jannah-Nya. Aamiin

Semoga bermanfaat.

Penulis: Yuliansyah Yuli.

Dikutip melalui: Bangkitmedia.com

Demikian Artikel " Seorang Habib Yang Dibongkar Identitasnya Oleh Abah Guru Sekumpul "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close