3 Kelompok Manusia Di Alam Barzakh Oleh Habib Munzir

3 KELOMPOK MANUSIA DI ALAM BARZAKH OLEH HABIB MUNZIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Semua yang telah wafat mereka tak lagi bisa beramal, mereka bermacam derajat. Sama dengan orang di bumi, ada yang kaya, ada yang miskin, ada yang di istana, ada yang di penjara.

Secara umum mereka terbagi tiga kelompok.

1. Mereka yang wafat sebagai orang shalih dan mulia. Maka mereka bagaikan raja raja di alam barzakh. Mereka diberi keluasan dan kemuliaan,karena mereka adalah tamu tamu Allah swt. Mereka ditidurkan hingga hari Sidang Akbar kelak.

2. Mereka yang orang awam. Mereka dalam kesedihan, mereka dalam kegelapan, menanti sendiri, tanpa ada pemandangan apa apa, tanpa ada teman curhat. Mereka banyak menangis karena menyesali kurang banyak beribadah saat hidup di dunia, mereka menyesal karena tidak banyak bersujud, saat itu mereka tak bisa lagi bersujud, tak bisa lagi berdoa, tak bisa lagi beribadah, tak bisa lagi mendapat kesucian wudhu, tak bisa lagi berpuasa.

$ads={1}

Mereka berpisah dengan semuanya, mereka dalam kesedihan dan kegelapan. Menanti ribuan tahun di alam barzakh hingga hari sidang besar.

Ada juga mereka yang ditolong amal amalnya, mereka diberi ketenangan didalam kubur.

3. Mereka yang wafat sebagai pendosa. Mereka dipenjara didalam kubur, dalam siksaan, dalam jeritan dan kepedihan, demikian ribuan tahun hingga hari kiamat.

Oleh sebab itu mereka dari golongan kedua dan ketiga sangat menanti kiriman bantuan dari keluarga dan kekasihnya, yaitu jika mereka tersiksa maka mereka bisa dibebaskan jika banyak mendapat amal mulia dari orang lain, seperti orang yang dipenjara karena berhutang, ia akan bebas jika dapat kiriman cukup uang untuk membayar hutangnya.

Baca Juga: Kisah Anak Muda yang Menonton Video Pornografi

Demikian juga yang dalam kelompok kedua, dengan banyaknya kiriman amal pahala mereka bisa dinaikkan ke peringkat utama, sebagai tamu Allah dan tenang dalam kemuliaan didalam kuburnya hingga hari kiamat. Dan yang peringkat pertama jika mendapat kiriman pahala dari kekasih dan teman, mereka akan gembira karena mendapat kemuliaan yang lebih lagi.

Sebagaimana riwayat shahih Muslim, Rasul saw melakukan shalat jenazah didepan kuburan seorang muslimah yang wafat, lalu Rasul saw selesai shalat berkata : "Pekuburan disini penuh dengan kegelapan karena banyak yg tersiksa, namun Allah menerangi dan mengampuni mereka semua dengan sholatku tadi untuk mereka" (Shahih Muslim).

$ads={2}

Demikianlah hebatnya amal pahala dan doa untuk yang wafat.

Baik sekali jika belajar mengaji dan meniatkan pahalanya untuk almarhum..

dan perbanyaklah shalawat pada Nabi saw, sungguh shalawat sangat cepat menolong jika dikirimkan pada yang wafat.., menolong dan mengangkat derajat mereka.

(Al Habib Munzir Al-Musawa)

Sumber Artikel : www.majelisrasulullah.org

Demikian Artikel " 3 Kelompok Manusia Di Alam Barzakh Oleh Habib Munzir "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close