Nasab Imam Syafi'i dari Jalur Ibu dan Ayahnya

NASAB IMAM SYAFI'I DARI JALUR IBU DAN AYAHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Nasab Imam Asy-Syafi'i dan Empat Generasi yang Menjadi Sahabat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

Pertemuan kali ini membahas seputar nasab Imam Asy-Syafi'i. Syaikh Nawawi Banten dalam kitab Al-'Iqdu ats-Tsamin berkata:

والشافعي أمه: فاطمة بنت عبد الله بن الحسن المثنى بن الحسن السبط ابن فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم.

"Ibu Imam Asy-Syafi'i adalah Fatimah binti Abdullah bin Hasan Mutsanna bin Hasan Sibth bin Fatimah binti Rasulullah صلى الله عليه وسلم."

Yang disebutkan oleh Syaikh Nawawi Banten ini adalah satu di antara dua pendapat ulama berkaitan nasab Imam asy-Syafi'i dari jalur ibunya. Pendapat ini bermuara pada riyawat Al-Hafidz Abu Abdillah Al-Hakim. Menurut Dr. Ahmad Nahrawi Betawi dalam kitab Al-Imam Asy-Syafi'i fi Madzhabaihi al-Qadim wal-Jadid, ini adalah pendapat yang syadz atau nyleneh. Meski demikian, Imam Tajuddin as-Subki dalam Thabaqat asy-Syafi'iyyah al-Kubra membela keras pendapat ini.

Adapun pendapat kedua, ibu Imam Asy-Syafi'i berasal dari suku Azdi. Nama beliau adalah Ummu Habibah Al-Azdiyyah. Dr. Ahmad Nahrawi Betawi mengatakan, pendapat ini adalah pendapat yang masyhur di kalangan para ulama. Pendapat ini bersumber langsung dari Imam asy-Syafi'i sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abdul Hakam bahwa Imam Asy-Syafi'i berkata kepadanya:

كانت أمي من الأزد، وكناها أم حبيبة الأزدية.

"Ibuku dari suku Azdi. Nama kun-yahnya adalah Ummu Habibah Al-Azdiyyah."

$ads={1}

Sedangkan dari jalur ayahnya, Imam asy-Syafi'i adalah Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi' bin Saib bin Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Mutthalib bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab.

Coba kita bandingkan nasab ini dengan nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Rasulullah adalah adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushayy bin Kilab.

Maka, nasab Imam Asy-Syafi'i berjumpa dengan nasab Rasulullah صلى الله عليه وسلم pada Abdu Manaf, canggah (kakek ke-3) Rasulullah.

Dari sini para ulama mengatakan, Imam Asy-Syafi'i adalah Ibnu Ammi (keponakan) Rasulullah صلى الله عليه وسلم meski lumayan jauh jaraknya.

EMPAT GENERASI MENJADI SAHABAT NABI

Dr. Ahmad Nahrawi Betawi menukil faidah menarik dari Imam Ibnu Hajar al-Asqallani dalam kitabnya yang berjudul Al-Ishabah fi Tamyiz ash-Shahabah:

وعلى هذا يكون في النسب أربعة أنفس في نسق من الصحابة، (١) عبد يزيد، (٢) وولده عبيد، (٣) وولده السائب بن عبيد، (٤) وولده شافع بن السائب.

"Dalam silsilah nasab (nasab Imam Asy-Syafi'i dari jalur ayah) ini terdapat empat orang Sahabat Nabi:

1. Abdu Yazid.

2. Putranya Abdu Yazid, yaitu Ubaid.

3. Putranya Ubaid, yaitu Saib.

4. Putranya Saib, yaitu Syafi'."

Empat generasi ini mendapat anugrah Allah bisa berjumpa dan beriman kepada Nabi.

Selain mereka, sejarah mencatat ada nama-nama lain yang juga menjadi sahabat Nabi dalam empat generasi. Di antaranya adalah keluarga Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifahnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

$ads={2}

Sayyiduna Abu Bakar mempunyai ayah bernama Abu Quhafah. Abu Quhafah menyatakan masuk Islam saat pembukaan kota Makkah.

Sayyiduna Abu Bakar mempunyai anak bernama Abdurrahman. Abdurrahman mempunyai anak bernama Muhammad. Semua nama-nama ini pernah sezaman, jumpa dan iman dengan Nabi.

Sayyidina Abu Bakar juga mempunyai anak perempuan bernama Asma'. Putri beliau yang satu ini dinikahi Sayyidina az-Zubair dan menurunkan anak bernama Abdullah.

Jadi empat generasi sahabat dari keluarga Sayyidina Abu Bakar adalah:

1. Abu Quhafah, Abu Bakar, Abdurrahman, dan Muhammad.

2. Abu Quhafah, Abu Bakar, Asma', dan Abdullah.

Semoga Allah meridlai mereka, dan keberkahannya melimpah kepada kita dan keluarga. Aamiin.

Oleh: Ustadz Nanal Ainal Fauz

Demikian Artikel " Nasab Imam Syafi'i dari Jalur Ibu dan Ayahnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close