Adab Abah Guru Sekumpul Yang Luar Biasa Kepada Gurunya

ADAB ABAH GURU SEKUMPUL YANG LUAR BIASA KEPADA GURUNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Siapa yang tidak kenal dengan Abah Guru Sekumpul? kisah-kisah karomah, akhlak dan adabnya yang luar biasa membuat namanya dikenal di penjuru seantero negeri ini.

Salah satunya yakni kisah adab dan akhlak Abah Guru Sekumpul kepada gurunya yang diceritakan oleh Guru Ahmad Rifani yang menyaksikan sendiri kejadian tersebut. Berikut kisahnya :

Pada suatu acara haul Alm Guru Kasyful Anwar yang diadakan di kubah Guru Kasyful Anwar, berjejerlah guru-guru Pesantren Darussalam duduk di acara tersebut menunggu acara dilaksanakan.

Waktu pun berjalan dan tibalah saat yang dinanti-nantikan, seseorang yang telah ditunggu dan yang akan memimpin acara haul tersebut tiba ditempat acara. Beliau adalah KH Zaini Abdul Ghoni, yang biasa disapa Abah Guru Sekumpul, Martapura, yang juga dikenal dengan keluhuran budi pekertinya.

$ads={1}

Abah Guru Sekumpul adalah ulama’ kebanggaan yang dimiliki warga Kalimantan saat itu. Abah Guru pun memasuki tempat yang sudah disiapkan oleh panitia untuk meminpin acara haul Guru Kasyful Anwar, salah satu pemimpin Pesantren Darussalam yang telah melahirkan ribuan ulama ahlusunnah wal jamaah yang tersebar di segala penjuru nusantara.

Kehadiran Abah Guru Sekumpul tidak dilewatkan untuk mengambil keberkahan oleh jama’ah dan para guru Pesantren Darussalam agar dapat mencium tangan Guru Sekumpul: mengambil berkah dan barokah kepada Abah Guru Sekumpul.

Ketika memasuki ruang utama haul, Abah Guru Sekumpul melihat salah satu guru beliau, yakni Abah Guru Salman Yusuf yang duduk di salah satu deretan guru Darussalam. Seketika itu juga, Abah Guru Sekumpul langsung menghampiri guru beliau dan tidak menghiraukan sebagian guru Darussalam yang belum sempat mencium tangannya.

Abah Guru Sekumpul pun langsung menghampiri dan mencium tangan Guru Salman Yusuf bolak balik sambil beliau berkata,

“Guru, ulun mohon ampun dan maaf, doakan ulun lah”.

Setelah itu, beliau baru duduk dan menyalami orang-orang yang di sekitar beliau. Setelah selesai acara, Abah Guru Sekumpul pun cepat-cepat keluar. Apa yang beliau lakukan?

$ads={2}

Abah Guru Sekumpul di luar mencarikan sandal yang dikenakan oleh Guru Salman Yusuf, sedangkan beliaupun tidak mengenakan sandal.

“Guru sandal pyan yang mana?”

“Yang itu….” kata Guru Salman Yusuf.

Langsung lah Abah Guru Sekumpul mengambilkan sandalnya dan memasukkan kedua kaki Guru Salman Yusuf. Setelah itu, beliau mencium bolak balik Guru beliau dan berkata, “doakanlah Ulun….”.

Subhanallah….. Itulah kisah ketawadluan seorang ulama yang akhlak budi pekertinya seperti Rasulullah SAW. Beliau tidak malu dan tidak segan atas apa yang beliau miliki dan gelar seorang ulama besarpun tidak meghiraukan bagi beliau karena ingin berbakti kepada guru beliau.

Semoga kita dapat mengikuti jejaknya, mengamalkan apa yang telah diberikannya dan dikumpulkan di surganya Allah bersama-sama. Aamiin Ya Rabbal 'alaamiin

Dilansir melalui : bangkitmedia.com

Demikian Artikel " Adab Abah Guru Sekumpul Yang Luar Biasa Kepada Gurunya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close