Keistimewaan Kitab Minhajut Thalibin

 

KEISTIMEWAAN KITAB MINHAJUT THALIBIN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Para Ulama dan Auliya, diantara mereka ada yang sirr-nya berada pada kitab2 karyanya seperti Imam An Nawawi, yang diantara kitab2 karya beliau adalah Minhajut Thalibin dan Syarah Muslim, beliau tidak menikah, dan umur beliau hanya 44 tahun. Habib Abdullah Al Haddad berkata, "Seandainya An Nawawi diberi umur sepanjang Al Ghazali niscaya beliau akan memancarkan ilmu2nya seperti Al Ghazali". Diantara mereka ada juga yang sirr-nya berada pada murid2nya seperti Abul Hasan Asy Syadzili, yang diantara murid beliau adalah Abul Abbas Al Mursi. Ada juga yang sirr-nya berada pada anak2nya seperti Syech Abu Bakar bin Salim. Ada juga yang sirr-nya berada pada anak2nya, murid2nya, hingga karya2nya, seperti Al Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad." (Kalam Al Habib Alawi bin Syihab)

Dari kitab Fawaidul Mukhtarah, Habib Ali bin Hasan Baharun, hal. 481

Dalam kitab Al Qurthas syarah Ratib Al 'Atthas, Syech Al Faqih Abdullah bin Umar Ba'abbad pernah bertanya kepada Shahibir Ratib Al Habib Umar bin Abdurrahman Al 'Atthas radhiyallahu 'anhu, "Kitab apa yang sedang Anda baca?".

$ads={1}

"Saya sedang membaca kitab Al Irsyad karya Imam Ibnul Muqri", jawab beliau. Lalu beliau berkata kepada Syech Ali Baras, murid beliau, "Hai Ali, bacakan untuknya kitab Al Minhaj (Minhajut Thalibin) karya Imam An Nawawi, bacakan juga kitab itu untuk semua muridmu, sebab sungguh itu adalah kitab penuh berkah dan dengan membacanya insyaAllah orang akan mendapat futuh, sebab kitab itu memang ampuh, bagaimana tidak, pengarangnya (Imam An Nawawi) adalah Wali Quthub sedangkan beliau sudah mendo'akan setiap orang yang membaca kitabnya."

Dari kitab Al Manhajus Sawi, Al Habib Zain bin Ibrahim bin Smith. Dikutip juga dalam kitab Fawaidul Mukhtarah, Habib Ali bin Hasan Baharun, hal. 62

Oleh : Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Keistimewaan Kitab Minhajut Thalibin "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close