Sanad Ilmu Al-Qur'an Imam Syafi'i Ra

SANAD ILMU AL-QUR'AN IMAM SYAFI'I RA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beliau radhiyallahu 'anhu berkata : "Saya mengaji Al Qur'an kepada Isma'il bin Qusthanthin, gurunya penduduk Makkah di masanya". Isma'il bin Qusthanthin mengaji kepada Syibl bin 'Abbad dan Ma'ruf bin Musykan. Keduanya mengaji kepada Abdullah Ibnu Katsir, salah satu Aimmah Sab'ah. Ibnu Katsir mengaji kepada Mujahid. Mujahid mengaji kepada Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma. Beliau mengaji kepada Ubay bin Ka'ab radhiyallahu 'anhu. Ubay berkata : "Saya mengaji kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam.

Dari kitab Manaqib Al Imam Asy Syafi'i karya Imam Fakhruddin Ar Razi, hal. 123

$ads={1}

Jadi, berbeda dengan pengikut Syafi'iyah di Indonesia yang membaca Al Qur'an dengan qiraat Imam Ashim riwayat Hafsh, dalam membaca Al Qur'an Imam Asy Syafi'i mengikuti qiraat Imam Ibnu Katsir radhiyallahu 'anhu, sesuai dengan sanad beliau. Namun demikian beliau juga memiliki pilihan2 qiraat sendiri dalam beberapa ayat tertentu, yang tidak sama dengan qiraat Ibnu Katsir.

Lalu apakah qiraat2 itu berimplikasi pada ijtihad fiqih beliau? Iya. Imam Fakhruddin Ar Razi menampilkan beberapa contoh dalam kitab Manaqib beliau ini, bahkan beberapa pilihan qiraat beliau menjadi dasar tuduhan bahwa beliau, Imam Asy Syafi'i, adalah seorang mu'tazilah.

Namun muallif membantah tuduhan itu dan menjelaskan dengan sangat baik kelemahan semua tuduhan ataupun kritikan yang dialamatkan kepada Imam Asy Syafi'i, baik tentang hal di atas, ataupun tuduhan2 lainnya.

Oleh : Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Sanad Ilmu Al-Qur'an Imam Syafi'i Ra "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close