Pesona Al-Azhar di Mata KH. Abdi Kurnia Djohan

 

PESONA AL-AZHAR DI MATA KH. ABDI KURNIA DJOHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Al-Azhar al-Syarif memang tidak membutuhkan pujian dari orang seperti saya. Lembaga yang telah berdiri 1000 tahun yang lalu, sudah terlalu banyak menuai pujian dari tokoh-tokoh besar, yang jumlahnya tidak terhitung. Meskipun ada yang mengatakan bahwa pujian tidaklah menjadi jaminan kebenaran seseorang atau lembaga, namun faktanya sikap al-Azhar di dalam masalah agama dan juga politik menjadi rujukan jutaan umat Islam di dunia. Dengan segala kekurangan analisis yang saya miliki, setidaknya itu sudah menegaskan ucapan Rasul shallallahu alaihi wa sallam:

مَا رَاَهُ الْمُسلِمُوْنَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ

apa yang dipandang oleh umat Islam sebagai kebaikan, maka itu pun di sisi Allah, dianggap sebagai kebaikan pula

Sekali lagi ini tidak bermaksud mengatakan bahwa hasil ijtihad para ulama al-Azhar mengandung kebenaran yang sifatnya mutlak. Karena kebenaran mutlak itu milik Allah dan Rasul-Nya. Tapi berkaca kepada perjalanan sejarah, ijtihad lembaga al-Azhar memang diakui dan diikuti para ulama lainnya. Itu saja, saya kira, sudah cukup untuk dijadikan sebagai argumentasi. 

Selama ribuan tahun, al-Azhar al-Syarif telah menunjukkan perannya sebagai benteng bagi Islam dan kaum muslim. Walaupun didirikan oleh dinasti Fathimah yang berhaluan Syiah ghulath, dalam perjalanannya al-Azhar kini memainkan peran sebagai the guardian of Sunni (penjaga mazhab Sunni), yang kokoh. 

$ads={1}

Kemampuan al-Azhar menjaga aqidah umat yang berhaluan Sunni tidak saja terlihat ketika berhadapan dengan paham-paham menyimpang yang muncul di tengah umat. Tapi juga mampu menjawab tantangan pemikiran atheisme yang pernah mengguncang umat Islam 50 tahun yang lalu. Al-Azhar al-Syarif secara tegas menolak usulan Presiden Anwar Sadat, penguasa berpengaruh Mesir ketika itu, untuk menjadikan karya-karya Marxis dan Sosialis sebagai rujukan belajar di al-Azhar.

Oleh: KH. Abdi Kurnia Djohan

Sumber: NGAJI KITAB

Demikian Artikel " Pesona Al-Azhar di Mata KH. Abdi Kurnia Djohan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close