Apa itu Universitas Islam? Apa artinya Islam Agama Mendunia?

APA ITU UNIVERSITAS ISLAM? APA ARTINYA ISLAM AGAMA MENDUNIA?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sering kita mendengar istilah universalitas Islam, Islam adalah agama yang universal, menyeluruh, dan mendunia. Dalam bahasa Arab, istilahnya adalah: 'alamiyyatul Islam. (عالمية الإسلام)

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan universalitas Islam? Apa artinya Islam agama yang mendunia? 

Sekilas, boleh jadi banyak yang memahami dari istilah ini bahwa Islam suatu saat akan menjadi satu-satunya agama yang menguasai dunia. Seluruh manusia, suka atau tidak suka, akan masuk ke dalam agama Islam, baik dengan cara damai maupun dipaksa, karena kalau ia tidak mau masuk Islam maka ia akan dihadapkan pada dua pilihan: bayar jizyah atau dibunuh. 

Pemahaman ini dipengaruhi oleh ekspansi yang telah dilakukan oleh para khalifah muslim di masa lalu. Dinasti-dinasti Umayyah, Abbasiyah, Fathimiyyah dan seterusnya memperluas wilayah kekuasaan mereka ke berbagai pelosok dunia. Apa tujuan semua itu? Tentunya untuk mewujudkan universalitas Islam. Untuk membuktikan bahwa Islam mampu menguasai dunia.

$ads={1}

Terlepas dari perdebatan para ahli sejarah tentang apa sebenarnya faktor di balik berbagai penaklukan (futuhat) yang dilakukan dinasti-dinasti itu, tapi yang jelas hal ini telah memperkuat asumsi bahwa Islam mesti menguasai dunia karena ia adalah agama yang universal ('alami).

Di sini yang bermain adalah logika kekuatan (manthiq al-quwwah), bahwa ketika kita kuat maka kita bisa menguasai orang lain.

Benarkah ini yang dimaksud dengan universalitas Islam? Atau ada pengertian lain yang jauh lebih tepat? Mari kita bandingkan dengan makna berikut.

Sesungguhnya yang dimaksud dari universalitas Islam bukanlah bahwa Islam mesti menguasai dunia dan menjadi agama satu-satunya yang bertahta di muka bumi. 

Makna yang lebih tepat dari istilah ini sesungguhnya Islam adalah agama yang fitrah, sejalan dan sesuai dengan fitrah manusia yang murni. Sehingga ketika Islam disampaikan secara murni (pure) kepada siapapun, jauh dari tafsiran dan pemahaman yang merusak wajah Islam itu sendiri, maka setiap manusia akan menerima dan mengakui kebenaran serta keagungan Islam, jika mereka tidak memiliki sikap antipati atau apriori sebelumnya tentang Islam.

Jika kita sepakat dengan pengertian ini, maka kita akan mengerti kenapa Islam sulit diterima oleh sebagian manusia meskipun mereka memiliki pikiran yang cerdas dan perilaku yang baik. Kenapa Islam tidak mudah diterima secara luas oleh orang Jepang misalnya (meskipun tanda-tanda ke arah itu sudah mulai tampak), padahal mereka dikenal sebagai masyarakat yang bersih, rajin membaca dan sopan. Sementara Islam adalah agama yang paling banyak mengajarkan kebersihan, motivasi untuk membaca dan berakhlak mulia? 

Kenapa Islam tidak mudah diterima secara luas di beberapa negara Eropa yang dikenal sebagai negara maju dan berperadaban tinggi? 

$ads={2}

Hal itu karena Islam belum sampai kepada mereka secara murni. Islam yang sampai mereka adalah Islam yang telah berlabel dan dibungkus dengan berbagai macam corak tafsir dan pemahaman. Seandainya Islam bisa disampaikan pada mereka secara murni, tentu kita akan melihat bahwa Islam benar-benar agama yang universal.

Di sini kita kembali teringat dengan ungkapan Imam Muhammad Abduh yang terkenal:

الإسلام محجوب بالمسلمين 

"Islam tertutup oleh umat Islam."

Oleh : Ustadz Yendri Junaidi

Demikian Artikel " Apa itu Universitas Islam? Apa artinya Islam Agama Mendunia? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close