Rambu-rambu Waqaf Ibtida Al-Qur'an

RAMBU-RAMBU WAQAF IBTIDA AL-QUR'AN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam Ibnul Jazari rahimahullah berkata dalam Nazham Muqaddimah Tajwidnya :

وبعد تجويدك للحروف # لا بد من معرفة الوقوف

والابتداء ......

"Setelah kamu menguasai Tajwidnya huruf maka 'laa budda'/ harus mengetahui waqaf dan ibtidak"

Dari keterangan di atas memang nampaknya beliau cenderung mengikuti madzhab yang mengatakan bahwa mengetahui waqaf-ibtidak saat membaca Al Qur'an adalah suatu kewajiban. Oleh karenanya banyak juga para ulama ahlul Qur'an yang tidak mau memberikan sanad ijazah kepada murid mereka kecuali setelah para murid menguasai ilmu waqaf-ibtidak.

$ads={1}

Abu Hatim radhiyallahu 'anhu berkata : 

من لم يعرف الوقف لم يعرف القرآن 

"Barangsiapa tidak faham ilmu waqaf maka ia tidak faham Al Qur'an."

Banyak ulama yang telah menulis kitab yang secara khusus membahas ilmu waqaf-ibtidak ini. Ada yang membagi waqaf menjadi empat macam; tam, hasan, kafi, qabih. Ada yang membaginya menjadi lima macam; lazim, muthlaq, jaiz, mujawwaz liwajhin, murakkhash dharurah. Bahkan ada yang membaginya lebih banyak macam lagi, seperti yang dilakukan oleh Syech Khalil Khushari dalam kitab Ma'alimul Ihtida ila ma'rifatil waqfi wal ibtida.

Lalu dari kitab² itu para ulama pentashhih Mushaf mengambilnya dan membuat rumus² untuk diletakkan dalam mushaf. Maka rumus atau tanda² dalam mushaf itu statusnya seperti rambu² lalu lintas di jalan. Bagi orang yang sudah sangat mengenal jalan, ia tidak perlu melihat lagi setiap plang rambu lalu lintas di pinggir jalan, entah akan berbelok tajam atau menanjak terjal, karena ia sudah sangat hafal dan faham jalan yang akan ia lalui. Namun bagi yang belum tau medan jalan, ia harus memperhatikan dan mengikuti petunjuk rambu lalu lintas, agar terhindar dari kecelakaan. Tapi repotnya masih banyak orang yang menyangka setiap tanda dalam mushaf itu adalah tanda waqaf, boleh berhenti, padahal ada tanda yang justru sebagai larangan berhenti dan parkir di situ. Orang seperti ini memang benar² pemalas baca, karena di bagian depan atau belakang setiap mushaf tentu sudah ada penjelasan guna dari setiap tanda.

$ads={2}

Mengenai pentingnya mengetahui waqaf-ibtidak ini, selengkapnya bisa dibaca di kitab² Ilmu Tajwid di bawah.

Oleh : Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Rambu-rambu Waqaf Ibtida Al-Qur'an "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close