10 Wasiat Abah Guru Sekumpul

10 WASIAT ABAH GURU SEKUMPUL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) merupakan ulama kharismatik yang dalam perjalanan hidup beliau selalu berpegang pada jalan baginda Rasul (Al-Qur’an dan hadits). 

Beliau adalah keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan). Datu Kelampayan sangat kharismatik dan populer di daerah Kalimantan, khususnya Martapura dan Banjarmasin. 

$ads={1}

Orang-orang biasa memamangil Abah Guru Sekumpul dengan Tuan Guru Ijai. Beliau Dilahirkan pada malam Rabu 27 Muharram, 1361 H (11 Februari 1942 M). Guru Sekumpul meninggal (tutup usia) pada hari Rabu 10 Agustus 2005 pagi sekitar pukul 05.10 Wita di kediaman beliau, di Sekumpul Martapura dalam usia 63 tahun.

Dalam setiap pengajian beliau, dihadiri ribuan umat dari berbgai kalangan, berbagai daerah, bahkan dari berbagai negara.

Ada beberapa nasihat/wasiat beliau yang pernah disampaikan saat pengajian, berikut ini adalah 10 nasihat/wasiat tersebut :

1. Menghormati Ulama.

2. Murah diri, murah hati, manis muka.

3. Memaafkan segala kesalahan orang lain.

4. Jangan bersifat tamak dan memakan harta riba.

5. Jangan menyakiti orang lain.

6. Jangan merasa lebih baik dari orang lain.

7. Berpegang kepada Allah segala hajat yang dikehendaki.

8. Baik sangka terhadap muslim.

$ads={2}

9. Banyak-banyak sabar apabila mendapat musibah, banyak-banyak syukur atas nikmat.

10. Tiap-tiap orang yang iri dengki atau adu asah (adu domba) jangan dilayani, serahkan segala sesuatu kepada Allah SWT (tawakkal).

Sampai saat ini makam beliau banyak diziarahi umat dari berbagai daerah dan bahkan dari berbagai negara. Mudah-mudahan kita mendapatkan berkah sebab mencintai beliau, aaamiin yaa rabbal 'aalamiin.

Oleh: Ù…حمد سمان

Demikian Artikel " 10 Wasiat Abah Guru Sekumpul "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close