Agama Terdiri dari 3 Pokok: Iman, Islam dan Ihsan

AGAMA TERDIRI DARI 3 POKOK: IMAN, ISLAM DAN IHSAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Agama ini terdiri dari tiga pokok ; Iman, Islam dan Ihsan. Masing masing dipelajari dalam bidang ilmu yang berbeda.

Ilmu akidah mempelajari iman. Ilmu fikih menjelaskan islam. Ilmu akhlak tasawwuf mengajarkan ihsan.

Sering kali menjadi problem ketika seorang ustadz, dai, guru, dosen, sedang mengajar bidang akidah, tiba tiba orang lain menangkapnya sebagai akhlak.

Dalam akidah jelas sekali kita katakan ; semua agama yang tidak sesuai ajaran Islam adalah kafir, syirik, musuh Allah, dan kekal di neraka. Ini keyakinan wajib, tidak ada keraguan sama sekali.

$ads={1}

Dalam fikih kita diajarkan bagaimana memperlakukan muslim dan non muslim terkadang harus dibedakan dan terkadang disamakan. Warisan, pernikahan, muamalah seperti jual beli, masing masing ada ketentuan khusus untuk non muslim.

Dalam akhlak tasawuf jelas kita diajarkan untuk berbuat baik dan mencintai semua manusia meskupun mereka orang orang kafir (excp harbi). Akhlak tasawuuf jelas mengajarkan kewajiban berbuat baik dan mencintai non muslim.

Sayang sekali, mereka yang membenci Islam atau membenci tokoh muslim tertentu memang tidak pernah membedakan akidah fikih dan akhlak. Mereka memang hanya tahu (atau mau) ngajak gelut dengan dalil radengkulisme, telorasin, dan telek bengek.

Para pembebek dari sebagian muslim pun terkadang turut latah, menafikan bidang akidah agamanya sendiri demi mendapat pengakuan di negeri ini sebagai kaum teleran.

Bojonegoro, 16 September 2021

Oleh: Kyai Najih Ibn Abdil Hameed

Demikian Artikel " Agama Terdiri dari 3 Pokok: Iman, Islam dan Ihsan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close