Qasidah 'Athfatan Ya Jirotal 'Alami, Makam Ma'la, dan Mbah Moen

QASIDAH 'ATHFATAN YA JIROTAL 'ALAMI, MAKAM MA'LA, DAN MBAH MOEN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dari sinilah asal qashidah "Athfatan Ya Jiratal 'Alami..", Diwan Imam Al Haddad. Entah siapa dan bagaimana ceritanya sebagian dari qashidah ini dicuplik lalu ditambahi satu bait syair "Ya Rasulallah Salamun 'Alaik..." dan dijadikan bagian dari Maulid Diba'?.

Qashidah ini adalah diantara qashidah yang sangat disukai oleh Mbah Mun, sehingga beliau pun sering sekali membaca dan menjelaskan isinya, baik saat ngaji di pondok atau dalam pengajian umum beliau. 

Dalam Qashidah ini disebutkan beberapa tempat mulia, di antaranya adalah Ma'la. Habib Muhammad bin Zain bin Sumaith berkata : "Imam Al Haddad menyebut Ma'la dalam qashidah ini ada beberapa kemungkinan, bisa jadi yang beliau maksud menunjuk Ahlul Bait secara umum, atau menunjuk makam guru beliau, yaitu Muhammad bin 'Alawi, atau menunjuk makam putra beliau, yaitu 'Alawi bin Abdullah, yang wafat di Makkah mendahului beliau. Makam keduanya berdampingan di Ma'la, dekat dengan makam Ummul Mukminin Sayyidah Khadijatul Kubra radhiyallahu 'anha wa'anhum wa'anna bihim."

$ads={1}

Dan mungkin juga diantaranya sebab cinta Syaikhina KH. Maimoen Zubair kepada Ahlul Bait, Sayyidah Khadijah, dan juga wasilah qashidah ini, akhirnya beliau mendapatkan keberkahan jasad beliau dimakam di dekat mereka semua, di Ma'la.

Lahumul Fatihah.

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Qasidah 'Athfatan Ya Jirotal 'Alami, Makam Ma'la, dan Mbah Mun "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close