Abah Guru Sekumpul: Adab Sebelum Membaca Sholawat dan Istighfar

ABAH GURU SEKUMPUL: ADAB SEBELUM MEMBACA SHOLAWAT DAN ISTIGHFAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Berkat pesan yang pernah disampaikan oleh Abah Guru Sekumpul sewaktu di majelis pembacaan kitab beliau berkata

"Kaji dan Gawi" yang artinya Menuntut 'Ilmu dan Diamalkan, Itulah sebabnya yang mana dari pada pengajaran Abah Guru, aL-Faqir dapat..,langsung dikerjakan hingga sekarang, sehingga menjadi membekas betul ingatan apa-apa yang pernah disampaikan oleh Abah Guru (walau tidak semuanya, karna aL-Faqir hanya mampu sedikit yang mana aL-Faqir dpt laksanakannya saja, afwan).

Jadi pada kesempatan ini izinkan aL-Faqir ingin menyampaikan apa yang pernah disampaikan oleh Abah Guru tentang bagaimana Tata Cara Adab Sebelum Membaca Sholawat dan Istighfar.

Abah Guru Sekumpul dijalankan oleh Guru beliau dijalan Sholawat, maka Abah Guru pun menjalankan muridnya dijalan Sholawat pula

Dari itu Abah Guru mengajarkan bagaimana Tata Cara Adab Sebelum Membaca Sholawat dan Istighfar sewaktu di majelis pembacaan kitab beliau dulu pada tahun 2003 di Langgar Ar-Raudhoh, Sekumpul, Martapura.

Mari kita simak..

*Sebelum Membaca Sholawat dan Istighfar

terlebih dahulu membaca Tawassul kepada Baginda Nabiyyil Musthofa Sholallohu 'Alaihi Wassalam, Para Auliya-auliyaNya, Paguruan Kita, dan Kedua Orang Tua kita.

(alangkah bagus lagi masih dlm keadaan terjaga wudhu'nya)

*Setelah selesai membaca tawassul pejamkanlah mata kita dgn sedikit menundukkan kepala dlm posisi duduk seraya kita mengucapkan kata salam kepada Nabiy Sholallohu 'Alaihi Wassalam

”السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ“

Assalamu'alaika ayyuhan Nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuh 3X

$ads={1}

*Seraya kita mengucapkan salam bayangkan beliau Sholallohu 'Alaihi Wassalam hadir

*Setiap satu kali mengucap kata salam berhenti dulu sejenak karna pada saat itu Nabiy SAW membalas salam kita

kata Abah Guru Sekumpul seandainya kita sudah tidak terhijab maka akan mendengar suara baginda SAW membalas salam dari kita

*Selesai, baru kita baca Sholawat dan Istighfar nya.

TASYAHUD, ALLOH SWT MENJAWAB SALAM NABIY SAW

Kalam Mulia Abah Guru Sekumpul

Barang Siapa Membaca

”السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ“

“Assalamu'alaika ayyuhan Nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuh”

(Salam sejahtera tercurah untuk piyan wahai Nabiy SAW. Begitu pula rahmat Alloh dan keberkahan)

Dibari Pahala Ziaroh Waktu Nabiy Hidup Baelang Ka Rumah (Bertamu Ke Rumah) Satu kali membaca - Satu Kali Pahala Ziaroh.

[[ WUDHU' ]]

Kalam Mulia Abah Guru Sekumpul

*Diantara fadhilah wudhu' ialah bahwa

barangsiapa mendawam (menjaga) wudhu' selama 2 tahun berturut-turut, yakni setiap batal, dia akan langsung berwudhu' kembali kemudian membaca Syahadat dan Do'anya

maka orang tersebut akan diberikan keistimewaan kebebasan untuk memasuki pintu syurga yang delapan dari manapun yang dikehendakinya.

*Air sisa wudhu' kita minum fadhilahnya menghilangkan penyakit hati dan menjadi penerang hati.

*Apabila anak kita bandel, kasihkan air bekas wudhu' orang tua perempuan kepada si anak, insya Alloh dgn Izin-Nya anak tersebut akhirnya berhenti berbuat bandel.

*Nabiy Sholallohu 'Alaihi Wassalam

mudah mengenali ummatnya di Padang Mahsyar dengan adanya cahaya pada anggota tubuh mereka, karena pengaruh wudhu' mereka ketika di dunia.

*Orang yang berwudhu' dan membaguskan wudhu'nya (menyempurnakan wudhu' dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya) maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya, kata Abah Guru jikalau orang yang kasyaf melihat air wudhu'nya itu akan terlihat warna air nya keruh hitam.

*Mana-mana hamba yang berwudhu' dgn sempurna yakni membasuh semua anggota wudhu' tiga kali - tiga kali dgn baik, Alloh SWT mengampunkan baginya dosa-dosa terdahulu dan akan datang.

TAWASSUL

Kalam Mulia Abah Guru Sekumpul

Orang yang beriman pasti bertawassul, karna sebagai sarana atau wasilah kita agar do'a atau ibadah kita dapat diterima Alloh SWT dan berkatnya itu pula karna kita sering mengirim aL-Faatihan kepada baginda Nabiy dan juga para Auliya nya Alloh SWT maka mereka akan sayang kepada kita.

SHOLAWAT

Kalam Mulia Abah Guru Sekumpul

“Diantara Niat nya Membaca Sholawat Itu Adalah Untuk Memuliakan Rosululloh.”

Ini salah satu Bacaan Sholawat pendek yang pernah diajarkan oleh Abah Guru Sekumpul

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَسَلِّم

Allohumma Sholli 'Ala Muhammad Wasallim

(Yaa Alloh limpahkanlah rahmat ta'dzim senantiasa kepada Nabi Muhammad SAW dan kesejahteraan padanya)

Sholawat pendek ini lah yang juga salah satunya aL-Faqir baca di pagi hari 1000X agar cepat selesai sebelum melakukan rutinitas.

$ads={2}

AMALAN YANG TAK TERTOLAK IALAH SHOLAWAT

Kurang lebihnya kata Abah Guru Sekumpul

Sesungguhnya sebagian dari amal itu ada yang diterima, ada juga yang tertolak, kecuali Sholawat kepada Nabiy, maka ia dipastikan diterima karna sebagai bentuk pemuliaan kepada Nabiy Muhammad SAW.

Seumpama kita membaca Sholawat (sekalipun dengan riya) hingga sampai terdengar orang banyak disekitar bahkan menyatakan aku berSholawat sehari 10.000X dan sebagainya dlm sehari kita tetap berpahala, ini karna kedudukan Nabiy Muhammad yang begitu Agung di sisi Alloh SWT.

[[ ISTIGHFAR ]]

Kalam Mulia Abah Guru Sekumpul

“Orang yang Rajin Mengamalkan Membaca Istighfar Rezekinya Terbuka dan disaat Sakaratul Maut akan menjadi mudah baginya.” dan “Banyaki Bataubat dan Gawiannya Ampih Mengerja Dosa, Muntung Banyaki Membaca Istigfar.”

(Perbanyak Bertaubat dan Pekerjaannya Berhenti Mengerja Dosa, Mulut Perbanyak Membaca Istighfar)

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirulloh hal 'adzim

(ulun mohon ampun kepada Alloh yang maha agung)

KELEBIHAN-KELEBIHAN TENTANG MULIANYA MEMBACA SHOLAWAT YANG PERNAH DISAMPAIKAN OLEH ABAH GURU SEKUMPUL dari aL-Faqir sendiri

1. Hidup di akhir zaman ini, jalan menuju Alloh yang paling selamat ialah dengan Memperbanyak Sholawat.

2. Kita sudah tidak punya darah keturunan Nasab Nabiy, ikut di Sabab barang, caranya amalkan Sholawat maka kita pun akan diakui oleh Nabiy sebagai kulawarga beliau juga.

3. Seorang pengamal Sholawat akan mendapatkan Syeikh Murobbi Ruuhi dari seorang Auliya-Auliya Nya, bahkan bisa Baginda Rosululloh langsung yang menjadi pembimbing kita.

4. Seorang pengamal Sholawat sebelum meninggal sudah dinampak akan oleh Alloh Ta'ala syurgaNya, tapi yang lebih hebat lagi tidak takjub akan syurgaNya melainkan tetap ingat dgn Alloh sahaja.

5. Jika kita ingin mengerjakan membaca Sholawat selama 2 tahun tanpa terputus-putus dlm sehari-harinya dan jangan tanpa ada didasari niat satu pun supaya ingin itunya, maka nanti akan terbuka suatu rahasia yang teramat luar biasa yang akan kita peroleh.

6. Berhati-hatilah kita jika ingin memusuhi dgn makhluk(manusia), kalau-kalau orang tersebut adalah pengamal Sholawat, maka kita bisa kualat, sabab pengamal Sholawat adalah kekasihnya Rosululloh, kalau hati Rosululloh bersedih melihat kekasihnya terdzolimi, maka Alloh pun akan ikut murka melihat kekasihNya Baginda Rosululloh tersakiti hatinya oleh sebab ada hambaNya yang berbuat dzolim, dan Alloh Ta'ala menyatakan perang kepada hambanNya yang dzolim tersebut, Na'udzuubillahi min dzaalik

dan masih banyak sekali dari kalam-kalam mulia Abah Guru Sekumpul yang menerangkan tentang kelebihan dan keutamaan dari Sholawat itu sendiri, akhir kata..

والله أعلمُ بالـصـواب

Wallohu a'lam Bishshowaab

Di Ulun aL-Faqir Bimawiy mohon ampun maaf, minta halal, minta ridho, minta rela dunia dan akhirat bila ada kesalahan dalam penyampaian kata-katanya puun..

Demikian Artikel " Abah Guru Sekumpul: Adab Sebelum Membaca Sholawat dan Istighfar "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close