Nasihat Abah Guru Sekumpul: Antara Lucu dan Ilmu

NASIHAT ABAH GURU SEKUMPUL: ANTARA LUCU DAN ILMU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Daya tarik Abah Guru Sekumpul itu selain tampan rupanya, merdu suaranya dan banyak lagi lainnya,beliau juga seorang yang humoris (penggaya). Canda gurau, cerita lucu dan kisah menyenangkan sering beliau selipkan disela-sela pengajiannya istilah agamanya itu termasuk IDKHOLISSURUR, untuk mengurangi tegangnya suasana, menghilangkan letih dan kantuk, menghibur dan tentunya ada hikmah tersembunyi dari cerita lucu atau candaan beliau.

Murid-murid beliau yang masyhur saat ini dan murid-murid lainnya yang nampak mutaba'ah serta kecintaannya kepada beliau pun kebanyakannya suka berhumor, bercerita lucu disela-sela pengajiannya.Dan ini sudah dimaklumi oleh sesama pecinta Abah Guru. Oleh sebab itu mereka cocok, tahu mana yang serius mana halabiu'an (candaan).

Tampak kegembiraan saling cinta dan kasih sayang karena Allah dan Rasulullah.

Abah Guru berpesan "jangan pamusangan (suka galau atau sakit hati) karena pusang itu menyempitkan hati, jadilah penyenangan (selalu gembira) karena orang yang penyenangan membuat hatinya luas dan lapang sehingga ilmu mudah masuknya."

$ads={1}

Salah satu kisah lucu yang dikisahkan Abah Guru Sekumpul:

Ada perlombaan merabahakan sapi, jadi takumpul bubuhan banua lima (hulu sungai) tidak ada yang bisa merabahakan,lalu maju orang alabiu, ditinjaknya (disepaknya) kemaluan sapi,langsung rabah sapinya sambil kesakitan. Lalu ujar yang lain "culas ikam, urang tu dibacai napa kah nang supaya rabah sapinya, lamun ditinjak disitu, nyata ai inya rabah"

Kemudian lomba menggelengakan kepala sapi, kedada yang bisanya jua, lalu tampil lagi urang alabiu, dipanderinya si sapi "ikam handak kah ku tinjak lagi..!" Langsung geleng-geleng kepala si sapi, artinya jara, kada handak lagi ditinjak.

Apa hikmah yang bisa diambil dari kisah ini?

Diantaranya:

Memang beda keutamaan orang yang alim dengan orang yang jahil. Jangan putus asa, ada saja jalan dari segala masalah.

Orang yang pintar, bisa mengambil pelajaran dari kesalahan, tidak ingin jatuh dilobang (kesalahan) yang sama.

Abah guru  sekumpul berkata:

"ketika hati dibuka maka cepat ilmu itu masuk, bahkan orang yang beribadah dengan rasa syukur akan lebih afdhol ketimbang dibawa dengan hati yang masygul dalam kesedihan." sebab wali allah semua mereka itu gembira..لاخوف عليهم ولاهم يحزنون... الأية

bahkan ada sebuah kitab yang khusus membicarakan tentang kelebihan tertawa (senang/syukur) yakni kitab التداوى بالضحك

Namun yang sering kita salah persepsi adalah kita sering mendengar ada orang yang setelah selesai pengajian ia berkomentar "aku katuju banar lawan guru itu, sebab sidin lucu.."

قد علم كل أناس مشربهم.. الأية 

maka ketahuilah,apabila kita senang bahkan yang kita ingat cuma lucunya saja bukan ilmu maka cuma lucu itulah rezeki kita,kita tidak dapat yang lebih dari itu. 

$ads={2}

Semoga Allah memberikan kita keberkahan ilmu,dari guru-guru kita agar bisa mengamalkan ilmu yang diajarkan beliau. Mudah-mudahan kita selamat dunia akhirat,terkumpul diakherat bersama Rasulullah dan Abah guru sekumpul.

Demikian Artikel " Nasihat Abah Guru Sekumpul: Antara Lucu dan Ilmu "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close