Pentingnya Dai menjaga Image dan pentingnya Umat menjaga Lisan


PENTINGNYA DAI MENJAGA IMAGE DAN PENTINGNYA UMAT MENJAGA LISAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Memang penting bagi da'i menjaga image, tapi lebih penting lagi bagi netizen untuk menjaga mulut.

قال العارفون رضي الله عنهم : يشترط في كمال الداعي إلى الله تعالى أن يكون محفوظ الظاهر من الزيغ عن الشريعة ، حتى لا يجد المدعو فيه مطعنا .

Para ahli ma'rifat radhiyallahu 'anhum berkata : "Diantara syarat menjadi seorang da'i yang sempurna adalah secara lahir harus terjaga dari melanggar syari'at, sehingga tidak ada celah bagi orang yang ingin menyerangnya." 

Diriwayatkan bahwa Nabi Musa 'alaihissalam pernah memohon kepada Allah ta'ala;

يا رب احبس عني ألسنة الناس

"Ya Allah, tutuplah mulut hamba²Mu dari (berbicara jelek tentang)ku."

$ads={1}

Memang permohonan itu tidak dikabulkan oleh Allah ta'ala, sebab jangankan tentang Nabi Musa 'alaihissalam, berbicara yang tidak² tentang-Nya saja Ia biarkan.

Namun, Imam Asy Sya'rani rahimahullah menjelaskan dalam kitab Minanul Kubra, tujuan Nabi Musa 'alaihissalam memohon hal itu bukanlah demi kepentingan pribadi beliau, bukan sebab beliau gila hormat, ingin dipandang mulia, atau memiliki tujuan² rendah lainnya. Sebab Para Nabi terjaga dari sifat² demikian. Alasan beliau adalah sebab khawatir dakwah dan nasehat beliau kepada umat tidak diterima, sebab mereka sudah memandang rendah beliau. Oleh karenanya beliau ingin agar selalu tampak baik di mata umatnya, agar mereka mau menerima nasehat dan dakwah beliau, tujuannya adalah Li I'lai Kalimatillah. 

Zaman sekarang yang berusaha menjatuhkan para da'i dan kyai kebanyakan malah bukan dari umat agama lain, tapi umat Islam sendiri. Hanya karena beda madzhab, beda ormas, bahkan beda pilihan politik maka ketika ada Ustadz atau Kyai terpeleset melakukan kesalahan, bahkan seringkali secara syari'at atau secara ilmiyah hal itu sebenarnya bukanlah kesalahan, maka mereka akan memviralkannya, membahasnya berminggu-minggu, membuat berbagai narasi yang sekiranya bisa menjatuhkan si Ustadz atau Mbah Kyai di mata pengikut atau santrinya. Mereka tidak lagi berfikir bahwa tindakannya itu bisa menjadikan para murid atau santri itu akan memandang rendah atau minimal berkurang kepercayaan mereka kepada gurunya, sehingga sulit menerima nasehat mereka atau setidaknya akan kehilangan barakah ilmu sang guru sebab keraguan itu. 

والله نسأل العافية 

Oleh: Ustadz Ahmad Atho'

Demikian Artikel " Pentingnya Dai menjaga Image dan pentingnya Umat menjaga Lisan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close