Tidak Semua orang yang dekat dengan Ulama dapat Keberkahan

TIDAK SEMUA ORANG YANG DEKAT DENGAN ULAMA DAPAT KEBERKAHAN

RRUMAH-MUSLIMIN.COM - Tidak semua yang dekat dengan Ulama atau Kyai besar itu mendapat petunjuk, manfaat atau keberkahan dari kedekatannya. Maka jangan sampai kedekatan dengan Ulama itu menjadikan terlena, sehingga merasa aman dari makar Allah ta'ala. Para sahabat radhiyallahu 'anhum itu semakin mereka dekat dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam maka mereka semakin merasa takut dan khawatir, maka sudah seharusnya yang dekat dengan Kyai juga semakin merasa takut dan khawatir. 

Kurang lebih demikian pesan Syech Ibnu 'Athaillah dalam kitab Tajul 'Arus ini. Dan di syarahnya, Syech Bilal Ahmad Al Bastani Ar Rifa'i Al Husaini menambahkan;

$ads={1}

Diantara bentuk riya' adalah pengakuan seseorang bahwa ia dekat dengan Kyai Fulan, Habib Fulan, Ustadz Fulan..membuat jamuan atau pertemuan khusus untuk mereka, sowan ke kediaman mereka, atau memberi hadiah² yang banyak kepada mereka, yang semua itu hanya agar ia dikenal dekat dengan Ulama, bukan agar mendapatkan keberkahan mereka, bahkan hanya agar mendapatkan 'keramat gandul', bisa mendapatkan penghormatan yang lebih dari orang lain sebab kedekatan itu. 

Kalo zaman sekarang bisa berbentuk sowan² Kyai lalu selfi dan di-upload di sosmed, hanya agar mendapatkan like dan komentar pujian² sebab dianggap dekat atau akrab dengan Kyai tersebut. Sekali lagi 'hanya'. 

Wallahul Musta'an.. 

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Tidak Semua orang yang dekat dengan Ulama dapat Keberkahan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close