Sekilas Mengenai Kitab Jam'ul Abir Fi Kutub At Tafsir

SEKILAS MENGENAI KITAB JAM'UL ABIR FI KUTUB AT TAFSIR KARYA KH. M. AFIFUDDIN DIMYATI

Karya KH. M. Afifuddin Dimyati

- Kitab ini menghimpun 444 kitab tafsir sepanjang sejarah Islam dari berbagai belahan dunia dan dari berbagai aliran keagamaan, penyusunannya terinspirasi dari salah satu pembahasan kitab "Mawaridul Bayan" yang ke-26. 

- Kitab ini diterbitkan pertama kali oleh penerbit Lisan Arabi di Malang tahun 2019, lalu oleh penerbit Darun Nibros dan Dar Nurul Yaqin di Cairo akhir tahun yang sama dalam 2 jilid. 

- Kitab ini menyajikan data tentang kitab-kitab tafsir mulai dari nama tafsirnya, biografi mufassir dan metodologi tafsirnya, termasuk di dalamnya juga menyajikan tafsir ayat-ayat hukum dan tafsir mufrodaat al Quran. 

- Tafsir yang disajikan juga tidak terbatas pada tafsir yang berbahasa Arab, melainkan juga tafsir berbahasa Parsi, Urdu, Inggris, Prancis, Melayu, Indonesia, Jawa, Sunda dan Bugis. 

$ads={1}

- Salah satu karakteristik kitab ini yang berbeda dengan kitab manahijul mufassirin lainnya adalah penyajian kitab-kitab tafsir yang disusun secara runtut berdasarkan tahun wafat mufassirnya. Hal ini membantu pengkaji kitab tafsir untuk mengetahui thabaqat para mufassir serta membantu mengetahui kemajuan studi tafsir sepanjang sejarah Islam di berbagai penjuru dunia. 

. Di bagian akhir kitab ini juga diberi index pencarian berdasarkan nama kitab tafsir dan nama mufassir untuk memudahkan menemukan kitab tafsir yang dicari. 

- Diantara tujuan utama penulis dalam menyusun kitab ini adalah mengenalkan tafsir-tafsir karya ulama Nusantara dan Asia Tenggara ke dunia Islam. Oleh karenanya dalam kitab ini, penulis juga mencantumkan kitab-kitab tafsir yang berbahasa Melayu dari Asia Tenggara seperti Nur al Ihsan, tafsir Harian al Qur'an al Karim dll, juga tafsir-tafsir berbahasa Indonesia seperti tafsir al Azhar, tafsir al Furqan, tafsir al Misbah dll, bahkan tafsir-tafsir berbahasa daerah di Nusantara: seperti tafsir al Ibriz, al Iklil (Jawa), tafsir Raudlatul Irfan (Sunda), tafsir al Munir karya KH. Daud Ismail (Bugis) dll. 

Oleh: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Sekilas Mengenai Kitab Jam'ul Abir Fi Kutub At Tafsir Karya KH. M. Afifuddin Dimyati  "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close