3 Pesan Kyai Huda kepada KH. Ma'ruf Khozin

3 PESAN KYAI HUDA KEPADA KH. MA'RUF KHOZIN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Berawal ketika Gus Kautsar, Da'i milenial, menghubungi WA saya: "Mbah Yai Huda membicarakan sampeyan. Kapan bisa ke Ploso?". Saya pun segera menjawab untuk langsung ke Ploso, Kediri.

Sore tadi saya langsung dijemput khodam pondok menuju ke ndalem Gus Kautsar. Setelah beberapa menit kami berbicara, Gus Kautsar dawuh: "Mbah Yai kerso disowani setelah ngaji Tafsir (Maghrib). Ditunggu mawon". Tidak lama berselang Gus Kautsar membuka iPhone 13-nya dan dawuh: "Mbah Yai kerso sekarang", beliau segera berdiri merapikan penampilan.

Berdebar hampir tidak percaya saya memasuki Ndalem Yai Huda. Sebab dulu setiap saya ke Ploso selalu tidak berhasil sowan beliau. Kali ini begitu mudahnya.

Setelah sungkem beliau menanyakan asal usul saya, setelah menyebut nama Abah saya, Alhamdulillah, Yai Huda masih mengenal baik. Saya ingat dahulu sekitar tahun 1999 Yai Huda bersama Yai Idris Marzuqi Lirboyo pernah ke pesantren yang diasuh orang tua saya di Malang.

Ada tiga pesan dari beliau yang saya ingat dan menjadi charger saya:

1. Tetap istiqamah berkhidmat di NU dan umat.

2. Saat berjuang pasti berjumpa dengan alumni pondok lain. Harus jaga Ittihad wal wahdah (persatuan dan kesatuan). Jangan sampai menjelekkan pondok lain. Karena saat ini memerlukan kekuatan besar, yakni kebersamaan.

$ads={1}

3. Tetap jaga kesantunan, jangan kasar. Yai membaca ayat:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ

"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu..." ('Āli `Imrān: 159)

• Maaf saya tersenyum bukan karena tidak sopan, tapi karena Kiai Huda berkenan bercanda: "Berapa anaknya?". Saya jawab: "5, Kiai". Yai terkejut: "Kok tiba-tiba 5, kapan nikahnya?"

Oleh: KH. Ma'ruf Khozin

Demikian Artikel " 3 Pesan Kyai Huda kepada KH. Ma'ruf Khozin "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close