Biografi Prof. Dr. Muhammad al-Zuhaili, Pakar Fiqih Kontemporer

BIOGRAFI PROF. DR. MUHAMMAD AL-ZUHAILI, PAKAR FIQIH KONTEMPORER

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Saya suka posting ulama, pertama karena cinta kepada mereka yang merupakan waratsatul anbiya. Ulama yang alim dan amil, keilmuan dan akhlaknya diakui, sehingga mereka menjadi teladan dan pemicu semangat belajar, mengajar dan berdakwah di jalan Allah bagi umat (kita).

Hormat kepada ulama suatu keharusan. Suatu ketika Imam Muslim mendatangi Imam al-Bukhari (gurunya), beliau berkata,” biarkan saya mencium kedua kakimu wahai ustadznya para ustadz, tuannya para ahli hadits,  tabib ilmu hadits…….

Kali ini kita soan kepada salah satu ulama kontemporer saat ini yaitu yang mulia ustazuna Dr. Muhammad alZuhaili -hafizahullahu (saudara kandung ustazuna almarhum Prof. Dr. Wahbah Zuhaili). 

Singkatnya, beliau lahir di Deir Athiyah, Provinsi Damascus Countryside, Suriah pada 10 Agustus 1941, lulus dari Fakultas Syariah Universitas Damaskus tahun 1965 dan Fak. Hukum pada Universitas yang sama pada tahun 1966. Selanjutnya S2 (Master) hukum dan syariat diraih dari Universitas al-Azhar pada tahun 1968, kemudian S3 (doktoral) diraih beliau, juga dari Universitas al-Azhar Fak. Syariah dan Hukum pada tahun 1971 dalam bidang fiqih komparatif.

Baliau menjadi dosen Universitas Umm al-Qura, Mekkah Saudi Arabia pada tahun 1976-1980, disamping juga sebagai pembantu dosen Univ. Damaskus Fak. Syariah pada 1976-1981. Selanjutnya sebagai dosen di Fak. Syariah Univ. Damaskus pada tahun 1981-1997, dosen pada Universitas Kuwait pada tahun 1997-2000, Universitas Sharjah (Uni emirat Arab) pada tahun 2000-2006. Dalam waktu tahun-tahun tersebut, beliau juga mengajar di sejumlah universitas di Timur Tengah.

$ads={1}

Sementara karya-karya beliu banyak sekali, tidak kalah dengan kakaknya, diantaranya yaitu:

- Wasail al-Itsbat fi Syariat al-Islmiayah (disertasi Phd)

- Al-Wajiz fi Ushul al-Fiqh al-Islami

- Marja’ al-Ulum al-Islamiyah

- Huquq al-Insan fi al-Islam 

- Al-Mutamad fi al-Fiqih al-Syafii

- Fiqh alQadha wa Dakw wa al-Itsbat

- Al-Qawaid al-Fiqihyah wa tatbiqaatiha fi al-Mazhab al-Arba’ah

- Adab alQadha karua Abi alDam alHamawi al-Syafii (tahkik)

- Syarah al-Kawkab al-Munir fi Ushul Fiqih al-Islami (tahkik)

- Al-Muhazzab fi al-Fiqih al-Imam al-Syafi’i (tahkik)

- Maqashid al-Syariah ibn Asyour (tahkik)

Ditengah kesibukan menulis dan mengajar beliu juga sering kali menjadi pembimbing (promotor) atau tim dalam disertasi mahasiswa S2 (master) dan S3 (doktoral).

Alhamduillah penulis sempat belajar ushul al-Fiqh di Fakultas Syariah Universitas Damaskus dengan beliau, dan dengan kakak beliau, Dr. Wahbah Zuhaili -Allah yarhamuhu- pada mata kuiah yang sama ditingkat akhir.

$ads={2}

Kedekatan kami dengan beliau biasa-biasa saja, layaknya murid dan guru. Namun, hal yang tidak pernah saya lupakan adalah ketika beliau memenuhi undangan kami saat walimah pernikahan kami dimana beliau memberikan wejangan dalam walimah itu. (saya lupa apa saja yang ia sampaikan, sudah kelamaan, wong hasil dari walimah pernikahan itu, anak pertama saya/Dr. Dania, tahun ini telah meraih ijazah dari Fakultas Kedokteran Universitas Damaskus, alhamdulillah). Ia berusaha hadir karena (katanya) yang menjadi pasangan pengantin, keduanya adalah murid beliau,  kebetulan istri saya  (Dr. Huda Sarakbi) yang sekarang dosen di universitas Belad Syam Damaskus adalah muridnya saat studi S2 di Om Durman, Cabang Kuftaro Damaskus. 

Semoga Syeikh Muhammad al-Zuhaili panjang umur dan sehat afiat, dimanapun sekarang beliau berada, saya tidak tahu saat ini dimana guru kita berada, kabar terakhir saya mendengar beliau berada di Kanada, wallohu a’lam (DAT 15 06 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Biografi Prof. Dr. Muhammad al-Zuhaili, Pakar Fiqih Kontemporer "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close