Biografi dan Karya Syeikh Dr. Mustafa Dib Al Bugha


BIOGRAFI DAN KARYA SYEIKH DR. MUSTAFA DIB AL BUGHA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sejak saya tiba di Damaskus, saya langsung kesengsem dan ngefans sekali dengan Kyai besar yang satu ini, orangnya berwibawa, keren, kebapaan, tutur katanya manis, ngajarnya enak, ganteng (panteslah bininya pernah sampai 4 orang, makanya yang merasa kurang ganteng, satu bini saja cukup, dan yang masih mempertahankan kejombloannya, berarti enggak pernah ada ganteng-gantengnya sama sekali) 

Beliau kelahiran tahun 1938 di Damaskus di daerah alMidan (kawasannya para ulama) faqih Syafii tulen. Lulusan mahad al-Taujih Islami pimpinan almarhum Syeikh Hasan Habanake pada tahun 1959, kemudian beliau belajar di Univ. Damaskus Fak. Syariah dan lulus pada tahun 1963.  Ini berarti beliau pernah dididik oleh almarhum Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Bouti yang menjadi dosen di Fakultas Syariat sejak tahun 1960. Karenanya Dr. Bugha pernah bilang bahwa Dr. Bouti “ustazukum ustazi”. Dr. Mushtafa al-Khin juga salah satu gurunya saat beliau menuntut ilmu di Ma’had al-Taujih al-Islami, al-Midan, Damaskus.

Kemudian ia memperoleh gelar master dan doktor dari Fakultas Syariah Universitas Al-Azhar pada tahun 1974, judul tesis disertasinya  adalah: "Atsar alAdillah alMukhtalaf Fiiha fi alFiqih al-Islami."

$ads={1}

Selanjutnya beliau menjadi dosen di Univ. Damaskus dari tahun 1978-2000,  lalu di Fak. Syariat Univ. Qatar dari tahun 2000-2005, kemudian di Universitas alYarmuk dan Universitas al-Ulum al-Islamiyah al-Alamiyah, keduanya di Jordania. 

Sejak saya tiba di Damaskus, setahu saya kegiatan Dr. Musthafa Bugha padat sehari-hari, pagi siangnya diisi dengan mengajar di Fakultas Syariah Univ. Damaskus, sore malamnya mengisi pengajian di masjid-masjid utamanya masjid alGhawwash di al-Midan dimana beliau sebagai khatib Jum’at di sana.

Disela-sela waktunya yang padat karena penuh dengan mengajar, menjadi pembimbing disertasi, beliau sangat produktif dalam menulis, mentahkik atau mensyarah kitab, menjawab pertanyaan/fatwa….itulah barangkali keberkahan waktu yang diberikan Allah kepadanya sehingga bleiau sangat produktif dalam hal apa saja. Yang jelas beliau mungkin enggak kenal apa itu Whatsapps, FB, Insta dan sejenis, beliau lebih sering di majlis taklim atau megang pena dan buku, ketimbang megang hp, seperti kebiasaan kebanyakan kita termasuk yang nulis ini.

Diantaranya karyanya:

• Al Fiqih alManhaji fi alFiqih alSyafi’i

• AlWafii fi syarah al-Arbaiin Nawawi 

• Nuzhatul Muttaqqin syarah Riyad alShalihin, 

• Ushul Fiqih  dirasah aamah

• AlWadhih fi ulum alQuran bersama Ust. Muhyiddin Mistu

• Muqaddimah Ibn Shalah (tahkik) 

• alRahbiyah fi Ulum al-Faraidh (tahkik)

• al-Itqan fi Ulum alQur’an karya Imam al-Suyuti (tahkik)

• Asbab al-Nuzul karya Imam alWahidi (tahkiki)

• Shahih al-Bukhari (tahkik) terkenal dengan penomorannya

• Shahih Muslim (tahkik)

• Mukhtashar Shahih al-Bukhari (tahkik)

• Mukhtashar Shahih Muslim (tahkik)

• Shahih Mulsim  bi syarh Imam Nawawi (tahkik)

ini sebagian dari karya-karya beliau, tentunya masih banyak lagi yang saya tidak sebutkan di sini.

$ads={2}

Beliau adalah ayahanda dari kanda Dr. Muhammad Hassan alBugha, mantan Dekan Fakultas Syariat, Universitas Damaskus (sekarang masih dosen di Universitas tsb), dari situ  Dr. Mushtafa alBugha, disebut “Abul Hasan”.   

Pesannya yang saya tidak pernah lupa, sederhana tetapi sarat makna “jadilah kalian orang yang dapat memberikan manfaat dimanapun kalian berada.”  

Semoga Syeikh kita, al-Allamah Dr. Mushtafa alBugha  tetap sehat afiat dan diberikan umur panjang diusia yang telah mencapai 83 tahun ini. (DAT 07 06 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Biografi dan Karya Syeikh Dr. Mustafa Dib Al Bugha "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

3 Komentar

  1. Assalamualaikum Afwan Suriah kan sedang mengalami peperangan apakah beliau dan keluarganya tidak terkena dampak perang?

    BalasHapus
  2. Diantara karangan beliau yang lain adalah Syarah Riyadhus Sholihin yang saya ambil sebagai rujukan dalam majelis ta'lim saya. Semoga Ilmu beliau manfaat barakah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas keterangan referensi kitabnya

      Barakallahu fiik

      Hapus
Lebih baru Lebih lama
close