Biografi Syekh Alauddin Al-Aththar dan Kitab Fatawa An-Nawawi

BIOGRAFI SYEKH ALAUDDIN AL-ATHTHAR DAN KITAB FATAWA AN-NAWAWI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Imam Nawawi rahimahuLlohu Ta’ala banyak sekali memiliki murid. diantaranya yang terkenal: Imam Jamaluddin Yusuf alMizi (mertua Imam Ibn Katsir) penulis kitab Tahzib alKamal, kitab Tuhfat al-Asyraf dan lain-lain (wafat 742), Imam Syamsuddin Muhammad Ibn Al-Naqib (Wafat 745H), Imam Badrudin Muhammad Ibn Jama’ah (wafat 733), dan murid-murid yang lain, yang pada gilirannya menjadi ulama besar pada zamannya. 

Dari banyaknya murid-murid beliau, yang paling dekat tampaknya adalah Imam Alauddin alAttar yang mendapat julukan “Mukhtashar alNawawi”. Imam al-Attar orang asli Damaskus lahir pada tahun 654 H dan wafat pada 724 H. lahir dan wafat di Damaskus. Beliau sangat gigih dalam menuntut ilmu dan sangat taat dengan guru-gurunya, terutama dengan Imam Nawawi. Beliau cukup lama bermulazamah dengan Imam Nawawi hingga wafatnya Imam.

$ads={1}

Banyak sekali beliau menimba ilmu-imu agama dari Imam Nawawi, hal yang mencetak adab dan keilmuannya. Pernah ia mengatakan bahwa Imam Nawawi sangat sayang kepadanya, jarang sekali ia meminta bantuan kepada orang lain (murid-murid yang lain) kecuali kepadanya, walaupun  demikian Imam Nawawi sangat hormat dan tawadu’ kepada siapa saja.

Imam al-Attar banyak menulis kitab diantaranya kitab Adab al-Khatib, al-Uddah syarh al-Umdah (penjelasan kitab Umdat al-Ahkam), Tuhfat al-Thalibin dan lainnya. Ia juga yang menulis (menyusun) kumpulan fatwa Imam Nawawi yang dikenal dengan sebutan “al-Mansyurat wa Uyun al-Masail al-Muhimmat.” Beliau susun kumpulan tersebut secara sistimatik guna memudahkan untuk merujuk dalam setiap isu terkait dengan masalah fiqih (ibadah), juga interpretasi sejumlah ayat-ayat Qur’an dan hadits-hadits Nabawi. Kitab Fatawa telah ditahqiq oleh banyak muhaqqiq dan diterbitkan banyak penerbit.

Beliau mengatakan saat mengumpulkan fatawa Imam Nawawi tersebut, yang saya kutip pada pembukaan kitab dimaksud; 

"فقد استخرت الله تعالى في ترتيب "الفتاوى" التي لشيخي وقدوتي إلى الله تعالى، أبي زكريا يحيى بنِ شرف النووي العالمِ الرباني -تغمده الله تعالى برحمته، وجمع بيني وبينه في دار كرامته- على أبواب الفقه ليسهل على مطالعها كشفُ مسائلها، ويظهرَ له تحقيقُها ودقائقُ دلائلها........

$ads={2}

“Saya telah melakukan shalat istikharah untuk menyusun kumpulan "fatwa-fatwa" Syeikh saya dan panutan saya dalam menuntun jalan kepada Allah Ta’ala yaitu Abu Zakaria Yahya bin Sharaf Al-Nawawi, ulama rabbani (semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkatinya dengan rahmatnya, dan mengumpulkan saya bersamanya di alam rahmatNya), sesuai dengan bab-bab fiqih untuk memudahkan pembaca dalam mengungkap setiap permasalahan, dan untuk menampakkan (bagusnya) pengkajian serta keakuratan dalil-dalilnya ........

Demikian sekilas kitab tentang Imam Ibn Attar dan kitab kumpulan fatawa Imam Nawawi yang disusun secara tersendiri oleh murid terdekat sang Imam (DAT 25 02 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Biografi Syekh Alauddin Al-Aththar dan Kitab Fatawa An-Nawawi "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close