Kalam-kalam KH. Muhammad Ahdal Abdurrohim

KALAM-KALAM KH. MUHAMMAD AHDAL ABDURROHIM

Diantara Dawuh² Syaikhina KH. Muhammad Ahdal Abdurrohim ( Mamak Abdurrohim ) hafizhahullah :

- Diantara shalawat yang sangat disukai KH. Abdurrahim rahimahullah adalah shalawat Nariyah. Diantara fadhilah shalawat ini adalah untuk mempermudah hajat apapun. Karenanya dulu Mbah Him sering ngajak santri untuk membaca shalawat ini ketika memiliki sebuah hajat, kadang juga mengajak beberapa santri ke sawah untuk Nariyah-an. 

- Kaifiyah yang masyhur mujarrab adalah membacanya sebanyak 4444 kali. Ada dua shighat Shalawat Nariyah yang dipraktekkan Mbah Him dahulu; memakai lafazh Alladzi (..Muhammadinil ladzi tanhallu...) dan tanpa lafazh Alladzi (..Muhammadin tanhallu). Yang shighat memakai Alladzi adalah untuk hajat² yang sifatnya adem, seperti untuk rejeki lancar, urusan lancar, dan sebagainya. Sedangkan yang tanpa lafazh Alladzi untuk hajat² yang sifatnya panas, seperti menangkal sihir atau santet, menaklukkan orang jahat, dan sebagainya.

$ads={1}

- Para Masyayikh Sarang sejak dulu sangat mencintai Sadah Ahlul Bait hingga kitab² karya mereka. Diantaranya adalah kitab² karya Al Imam Abdullah bin Alawi Al Haddad radhiyallahu 'anhu. Maka diantara wiridan Mbah Ahmad bin Syu'aib rahimahullah dahulu adalah membaca kitab Risalatul Mu'awanah. Mbah Maimoen Zubair sebelum wafatnya, setiap sore ba'da ashar, juga berturut-turut membaca karya² Al Imam Al Haddad, selesai satu kitab karya beliau berganti kitab karya beliau lainnya. 

- Penyakit orang zaman sekarang yang paling parah itu dua; malas ibadah dan lupa akhirat. Dan obat paling mujarrab untuk kedua penyakit ini adalah berkumpul dengan orang² shalih. Oleh karenanya Al Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid (Habib Tanggul) rahimahullah berkata :

زيارة الصالحين عندي كالعسل

"Menziarahi orang² shalih bagi saya seperti madu." 

Dan masih banyak dawuh² serta keterangan² beliau lainnya saat ngaji Al Hikam Al Haddadiyyah kemaren yang belum bisa saya tuliskan. 

Pertemuan rutinan perdana Ikatan Alumni Ma'hadul 'Ulumis Syar'iyyah Sarang (IKAMUS) se-Malang Raya, 13 Desember 2021

Sumber: Ustadz Ahmad Atho

Demikian Artikel " Kalam-kalam KH. Muhammad Ahdal Abdurrohim "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close