Mengenal Imam Besar Yahya bin Syaraf An-Nawawi dan Karya-karyanya

MENGENAL IMAM BESAR YAHYA BIN SYARAF AN-NAWAWI DAN KARYA-KARYANYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dulu sebelum krisis di Suriah, banyak para ulama/kyai atau pejabat RI yang mengadakan kunjungan ke Suriah.  Dalam lawatan mereka, biasa kita agendakan untuk berkunjung ke kota Bushra, di Provinsi Daraa Suriah yang berbatasan dengan Jordania, lokasi dimana Baginda Rasulullah saw berdagang ke Syam, (Bushra ini tempat kelahiran Imam Ibn Kathir yg terkenal). Setelah dari Bushra, biasanya kita soan/ziarah ke makam Imam Nawawi di desa Nawa, juga masuk Provinsi Dar’a. Suriah.

Dalam ziarah tersebut, seringkali saya yang menemani para tamu dan itu kehormatan besar buat saya. Setiap tamu berkunjung kesana, saya selalu diminta untuk cerita tentang Bushra dan  manaqib Imam Nawawi, biografi, karya-karyanya dan hal-hal terkait dengan Imam Nawawi. Karena capek sering jelasin sampai mulut koar-koar, akhirnya saya buat kutaib dan dicetak sendiri untuk saya persembahkan kepada tamu yang ziarah, jadi di makam, kita tinggal baca doa saja, saya beri judul "Mengenal Imam Besar Yahya bin Syaraf An-Nawawi dan Karya-karyanya."

$ads={1}

Kitab itu saya tulis pada tahun 2007 tersebut, kontennya, mayoritas  saya kutip  dari kitab Tuhfah alThaliban fi Tarjamah al-Imam Muhyiddin karya murid kesayangan Imam nawawi sendiri, yaitu Syeikh Alauddin al-Attar. Beliaulah yang sering kali menemani Imam Nawawi dan paling tahu betul hal ihwal Imam Nawawi. Saya juga kutip dalam kutaib itu tuisan sejumlah ulama yang menulis tentang biografi Imam Nawawi seperti Imam Sakhawi (AlManhal al’Azb alRawi fi Tarjamah Qutb alAwliya al Nawawi), Imam alSuyuti (alMinhaj alSawi fi Tarjamah Imam alNawawi) dan lainnya. Kitab-kitab itu kesemuanya juga mengutip dari kitab yang ditulis oleh Ibn al-Attar. Juga saya ambil dari kitab-kitab sejarah ulama (tarjamah), thabaqat, seperti thabaqat alfuqaha (Syafiiyah) atau thabaqat al-muhaditsin dan lain-lain, pastilah Imam Nawawi tercatat disitu.

Saya akan posting kedepan insya Allah, hal-hal terkait dengan Imam Nawawi, sekedar untuk mengingat beliau dan karya-karyanya, sebagai ulama besar yang dikenal seantero dunia. Mengingat sirah dan karya ulama baik yang sudah tiada atau yang masih hidup, membuat hati nyaman dan tentram, selain itu ulama bagi saya adalah faktor penting bagi keamanan dan kenyamanan di masyarakat (negara). (DAT 24 02 2021)

Oleh: Ustadz Amiruddin Thamrin

Demikian Artikel " Mengenal Imam Besar Yahya bin Syaraf An-Nawawi dan Karya-karyanya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close