Amaliyah Salafus Shalih Ketika Merasa Takjub

AMALIYAH SALAFUSH SHALIH KETIKA MERASA TAKJUB

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Diantara amaliyah para Salafus Shalih adalah apabila mereka merasa takjub saat melihat anak² mereka, santri mereka, atau harta mereka atau apapun anugerah yang mereka dapatkan maka mereka segera membaca do'a tahshin/ memohon perlindungan untuk semuanya itu.

Misalkan senang saat melihat anaknya maka mereka membaca ;

حَصَّنْتُهُ بِالْحَيِّ القَيُّومِ الّذِي لَا يَمُوتُ أَبَدًا ودَفَعْتُ عَنْهُ كُلَّ السُّوءِ بِأَلْفِ أَلفٍ مِن لا حَولَ ولا قُوّةَ إلّا بالله العَلِيِّ العَظِيمِ 

Imam An Nawawi dalam kitab Al Adzkar mengutip cerita dari Qadhi Husain dalam kitab At Ta'liq fil Madzhab: Pernah ada seorang Nabi yang takjub saat melihat banyaknya umat yang beriman kepadanya. Namun setelah melihat dengan mata takjubnya itu 70.000 diantara mereka tiba² meninggal dalam satu waktu. 

Kemudian turunlah wahyu kepadanya;

إنك عنتهم ، ولو أنك إذ عنتهم حصنتهم لم يهلكوا

"(Itu terjadi sebab) kamu meng-'ain mereka (pandangan yang menyebabkan penyakit 'ain), seandainya saat memandang mereka kamu juga melindungi mereka niscaya mereka tidak akan mati."

"Dengan apa aku bisa melindungi mereka?", tanya Nabi itu.

"Dengan membaca 

حَصَّنْتُكُمْ بِالْحَيِّ الْقَيُّومِ الَّذِي لَا يَمُوتُ أَبَداً وَدَفَعْتُ عَنْكُمُ السُّوءَ بِأَلْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ ." 

Dan hal ini menjadi kebiasaan Qadhi Husain, setiap kali beliau memandang santri²nya lalu merasa takjub akan karakter dan kehebatan mereka maka seketika beliau membaca do'a tahshin di atas. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Apabila kalian melihat pada diri kalian sendiri, pada harta kalian, atau pada saudara kalian, lalu kalian takjub, maka berdo'alah memohon barakah, karena sungguh (penyakit sebab) 'ain itu nyata."

$ads={1}

Do'a memohon keberkahan yang dimaksud yaitu :

اللّٰهُمَّ بَارِكْ فِيهِ وَلَا تَضُرَّهُ مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِالله . 

Dari kitab Budurus Sa'adah Fi Bayani Ma Yuthlabu 'Indan Nikah Wal Haml Wal Maulud Wal Wiladah, hal. 244 

Oleh: Ahmad Atho

Demikian Artikel " Amaliyah Salafus Shalih Ketika Merasa Takjub "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close