Arti dan Perbedaan 'Alaihissalam dan Shalallahu 'alaihi Wassalam

ARTI DAN PERBEDAAN 'ALAIHISSALAM DAN SHALALLAHU 'ALAIHI WASSALAM

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Mungkin kita sering mendengar seorang Ustadz atau Alim ulama menyebut kata 'Alaihissalam dan Shallallahu 'alaihi wa sallam setelah mengucapkan nama Nabi dan Rasul.

Kedua istilah diatas terdengar hampir sama namun sebenarnya berbeda. Untuk istilah 'Alaihissalam adalah gelar yang dinisbatkan kepada Nabi-Nabi Allah kecuali Nabi Muhammad SAW yang artinya "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya."

Sedangkan istilah Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah gelar untuk Nabi Muhammad SAW yang artinya  "Semoga Allah SWT memberikan sholawat dan salam kepadanya."

Kenapa gelar Nabi Muhammad SAW dengan Nabi yang lain berbeda?

Gelar Nabi Muhammad SAW adalah wujud seseorang muslim untuk menghormati dan meyakini bahwa Nabi SAW sebagai Utusan Allah SWT. Kenapa mesti shalawat? Sebab perintah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW telah dianjurkan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an, salah satunya melalui surat Al Ahzab ayat 56 yang artinya:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Al-Qur'an surat Al-Ahzab: 56).

$ads={1}

Bagaimana Cara Mengucapkan 'Alaihissalam dan Shallalahu 'alaihi wa sallam?

Setiap muslim yang mengucapkan kata Rasulullah ataupun Nabi Muhammad mesti ditambah pengakhiran kata Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai bentuk penghormatan dan adab kepada Nabi kita.

Begitupun ketika menyebut Nabi Allah lainnya seperti Nabi Adam, Ibrahim, Musa, Isa dan lain sebagainya mesti diakhiri kata alaihissalam sebagai bentuk penghormatan dan adab kepada Nabi-Nabi Allah.

Apa Arti Alaihimussalam?

Selain kata diatas mungkin kita sering mendengar kata " Alaihimussalam ". Akhiran kata tersebut diucapkan lebih dari satu Nabi/Rasul. Contohnya seperti pada Surah Al- A'la ayat terakhir (19):

صُحُفِ اِبۡرٰهِيۡمَ وَمُوۡسٰى

Artinya: (yaitu) kitab-kitab Ibrahim dan Musa

Biasanya ketika shalat jum'at atau shalat fardhu yang disunnahkan untuk bersuara seperti Shalat Magrib, Isya dan Subuh. Setelah Imam membaca ayat terakhir surah Al-a'la, para makmum menjawab " Alaihimussalam ".

Kesimpulan

Nabi dan Rasul sama seperti kita, namun bedanya mereka memiliki derajat yang tinggi disisi Allah SWT. Karena mereka memperoleh Wahyu dari Allah untuk dirinya dan diberitakan kepada seluruh umat manusia. oleh sebab itu dalam memanggilnya pun perlu adanya adab entah itu sebelum menyebut dan sesudah menyebut, tidak boleh sembarangan.

Oleh: Rumah-Muslimin

Demikian Artikel " Arti dan Perbedaan 'Alaihissalam dan Shalallahu 'alaihi Wassalam "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close