Catatan Syaikh Muhammad Rajab al-Bayyumi, Mesir

CATATAN SYAIKH MUHAMMAD RAJAB AL-BAYYUMI, MESIR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Aku naik kereta Api Al-Shâ'id dari Giza menuju Abu Tij. Tetiba, Aku melihat seorang Syaikh penuh ketenangan di kelas kedua, bermahkotakan kewibawaan sembari kedua bibirnya komat-kamit membaca tasbih. Lalu, Ia mempersilakanku agar Aku duduk disampingnya dengan spontan. Sesaat kemudian, Syekh itu meninggalkan tempat duduk dan menaruh tasnya di tempat duduk itu. Tak berselang lama, Ia pun kembali,  sembari tersenyum beliau berkata: 

وما تشاءون الا ان يشاء الله

Aku pun memperhatikan beliau seraya berkata: Khairan! Kenapa, Pak?

Ia pun menjawab: Aku tadi hendak berwudhu, tapi airnya mati. Aku pun balik lagi.

Ketika diam, Syekh pun memutusnya dengan berkata: Dulu Syaikhuna al-Ustadz al-'Arif Billâh Muhammad al-Thâhir al-Hâmidi -Rahimahullâh- naik kereta api hendak menuju Luxor. Kemudian, ketika menjelang waktu maghrib, beliau hendak mengambil air wudhu. Ternyata, airnya mati. Beliau lantas kembali dengan tenang. Ketika kereta api itu sampai As-yuth, tiba-tiba rusak. Dan beliau memberitahu kami bahwa kereta api tersebut tidak akan berangkat kecuali setelah 20 menit. Syekh dan rombongan beliau pun turun. Mereka pun berwudhu dan shalat dengan penuh ketenangan, kemudian kembali ke tempat duduk masing-masing. Ketika mereka telah menempati tempat duduk, kereta api itu pun siap untuk melanjutkan perjalanan.

$ads={1}

Sebelumnya Aku tidak mengetahui tentang Syekh Muhammad al-Thâhir al-Hamîdi kecuali sebatas bahwa beliau seorang Alim, termasuk Kibâr Ulama al-Azhar. Beliau saat itu menjabat sebagai Syaikh di suatu lembaga pendidikan Agama. Aku pun berkata pada beliau: Tokoh itu seorang Alim Azhari. Kisah itu merupakan karamah beliau.

Potret: Syekh Muhammad al-Thâhir al-Hamîdi

Oleh: Nur Hasim

Demikian Artikel " Catatan Syaikh Muhammad Rajab al-Bayyumi, Mesir "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close