Ustadz Firanda Andirja: Sunan Kalijaga Wali Setan


USTADZ FIRANDA ANDIRJA: SUNAN KALIJAGA WALI SETAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM | NEWS - Lagi-lagi media sosial digemparkan oleh ceramah kontroversial dari ustadz salafi wahabi yakni Firanda Andirja. didalam video yang beredar, ia menyebut bahwa Sunan Kalijaga bukanlah Walisongo.

Ia mengatakan bahwa Sunan Kalijaga sebenarnya bukan seorang wali melainkan Wali Setan. Hal itu dikarenakan ia tidak percaya dengan kewalian Sunan Kalijaga, sehingga ia berasumsi seperti itu.

Pernyataan kontroversi ulama salafi wahabi ini terekam dalam unggahan video di akun Tiktok @silihwangiciptarasa belum lama ini.

Dalam video singkat itu, mulanya ia membahas mengenai penyebaran agama yang dilakukan oleh Wali songo di Indonesia.

Namun nyatanya, firanda tidak percaya mengenai status kewalian para Walisongo di Bumi Nusantara ini, Alasannya karena ia belum mengetahui rekam jejak wali songo dalam menyebarkan agama islam di Indonesia.

"Apakah sembilan wali (Walisongo) ada wali Allah. Saya tidak tau, kalau saya mau tau. Saya harus lihat perkataan mereka, amal saleh mereka. Baru saya timbang dengan Al-Qur'an dan Al-sunnah," Ujar Firanda Andirja

"Kalau mereka (Walisongo) perbuatannya sesuai Al-Qur'an dan Al-sunnah maka saya insyaallah saya mempercayai mereka wali-wali Allah," Lanjutnya

Firanda Andirja mempertanyakan status kewalian Sunan Kalijaga. Bahkan ia menuturkan cara Sunan Kalijaga menyandang status kewalian tersebut sangat-sangat tidak masuk akal.

$ads={1}

"Sunan Kalijaga bagaimana menjadi wali? Dia pergi ke pinggir kali. Kemudian dia bertapa kan. Bertapa sampai badannya penuh dengan lumut," paparnya 

"Dia tidak salat dan tidak makan. Kemudian dia tiba-tiba jadi wali. Kalau begitu caranya jadi wali, itu wali setan," tandasnya.

Sontak saja unggahan video itu dibanjiri komentar warganet. Tidak sedikit dari mereka yang mengecam pernyataan ulama salafi wahabi tersebut.

"Kenapa pa ustad mau nimbang amal sholeh orang lain, apa pa ustad panitia amal, baiknya timbang sendiri amal anda," ucap akun @bukanmaha

Seperti yang diketahui. Bahwa Firanda Andirja merupakan salah satu tokoh ustadz salafi wahabi yang memiliki pengaruh kuat di Indonesia. Ia kerap kali menyampaikan statement maupun ceramah kontroversial. Masalah-masalah yang dibahas tersebut bersifat "khilafiyah/furuiyah". Terkadang ia tak berat untuk memvonis "sesat, masuk neraka" dengan golongan lain yang tidak sejalan dengannya.

Sekilas mengenai pemahamannya, kelompok salafi wahabi ini tidak percaya dengan adanya Wali setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. mereka juga tidak percaya dengan adanya Karomah. Oleh sebab itu jangan heran jika Firanda Andirja dan ustadz wahabi lainnya tidak percaya dengan Wali songo.

Golongan Salafi Wahabi muncul pada tahun 1700 masehi yang dibawa oleh Muhammad bin Abdul Wahab. Didalam historisnya, Muhammad bin Abdul wahab tidak memiliki guru yang tetap, adapun ia belajar ke beberapa guru, nyatanya guru tersebut tidak memiliki sanad keilmuan hingga ke Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bahkan ia belajar agama melalui kitab melalui pemahamannya sendiri tanpa didampingi oleh ulama yang baik dan benar.

Ditulis: rumah-muslimin

Demikian Artikel " Ustadz Firanda Andirja: Sunan Kalijaga Wali Setan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close