7 Manfaat Istiqomah Melaksanakan Sholat Dhuha

7 MANFAAT ISTIQOMAH MELAKSANAKAN SHOLAT DHUHA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang sangat banyak memiliki manfaat, disamping memiliki manfaat untuk mendatangkan rezeki yang banyak dan barokah, Sholat Dhuha juga dapat menghapuskan segala dosa yang kita miliki oleh Allah SWT walaupun sebanyak buih di lautan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan sholat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmudzi).

Bukan hanya itu saja, Sholat Dhuha juga memiliki 7 manfaat lainnya jika dilakukan dengan istiqomah. diantaranya yaitu:

1. Akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SAW

Seperti yang dijelaskan pada alinea pertama, yaitu salah satu manfaat melaksanakan sholat dhuha dengan istiqomah akan diampunkan segala dosa-dosa yang kita miliki oleh Allah SWT,

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi) 

2. Ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah

Orang yang istiqomah mengerjakan sholat taubat, ia juga tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim)

Baca juga: Niat, bacaan serta penjelasan tentang shalat Sunnah Dhuha

3. Akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah SWT

Manfaat lainnya yang didapatkan ketika istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha yaitu kita akan dicatat sebagai seseorang yang ahli ibadah oleh Allah SWT, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW di bawah ini:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha 2 rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya 4 rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya 6 rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya 8 rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya 12 rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani) 

4. Kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah

Manfaat yang didapatkan yang lainnya yaitu Allah akan berikan kita pintu khusus ketika masuk surganya Allah SWT, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, 'Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dgn rahmat Allah Swt' (HR. At-Thabrani) 

5. Allah Swt mencukupkan rezekinya

Orang yang istiqomah menjalankan sholat dhuha, niscaya ia akan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari 4 rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan mencukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`) 

$ads={1}

6. Maka ia telah mengeluarkan sedekah

Pada umumnya, sedekah dikeluarkan dengan harta. Namun manfaat dari sholat dhuha salah satunya yaitu layaknya orang yang mengeluarkan sedekah, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di bawah ini:

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim)

7. Tiupan Nafas Orang yang Rajin Sholat Dhuha dapat Membakar Syaitan

Al Habib Salim Asy Syatiriy pernah mengatakan bahwa tiupan nafas orang yang rajin shalat dhuha mampu membakar syetan

Demikianlah 7 Manfaat Istiqomah Melaksanakan Sholat Dhuha

Semoga kita dapat mengamalkannya dengan istiqomah dan mendapatkan keberkahan serta manfaat seperti diatas, Aamiin Ya Rabbal 'alaamiin...

Semoga bermanfaat

Demikian Artikel " 7 Manfaat Istiqomah Melaksanakan Sholat Dhuha "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close