Jual Beli Setelah Shalat Jum'at Mendatangkan Keberkahan

JUAL BELI SETELAH SHALAT JUM'AT MENDATANGKAN KEBERKAHAN

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kebanyakan, Ponpes yang masih menerapkan sistem lawas, liburnya Jum'at dan sehabis Sholat Jum'at, beberapa santri secara bergilir diperbolehkan pergi ke pasar untuk belanja buat kebutuhan seminggu. Santri yang lain nitip daftar belanjaan pada santri yang pergi ke pasar tersebut. 

Bahkan ada ulama yang sekedar keluar ke pasar sebentar demi mencicipi barokahnya bekerja dan jual beli sehabis sholat Jum'at.

Baca Juga: Hari Jumat Sebagai Ramadhan Mingguan (Pekanan)

Hal ini karena ikut dawuh Al Qur'an surat Jumu'ah 10. Di dalam Tafsir Ibnu Katsir, dalam menafsiri ayat tersebut, disebutkan sebuah maqolah dari sebagian ulama salaf sebagai berikut: 

وروي عن بعض السلف أنه قال: من باع واشترى في يوم الجمعة بعد الصلاة بارك الله  له سبعين مرة لقول الله تعالى: فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وقوله تعالى: وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ أي في حال بيعكم وشرائكم وأخذكم وإعطائكم اذكروا الله ذكرا كثيرا، ولا تشغلكم الدنيا عن الذي ينفعكم في الدار الآخرة، ولهذا جاء في الحديث «من دخل سوقا من الأسواق فقال لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير، كتب الله له ألف ألف حسنة ومحي عنه ألف ألف سيئة» «١» 

"Barang siapa yang berjual beli dihari jumat setelah sholat jumat maka Gusti Allah akan membeberkahinya 70 kali karena Gusti Allah berfirman : Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan (pada saat berjual beli) ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung. ( janganlah sampai urusan dunia menyibukanmu dan memalingkanmu dari urusan akhiratmu). Oleh karena itu disebutkan dalam hadits, "Barang siapa masuk kedalam pasar dan berdoa: la ilaa ha illa Allah wahdahu lasyarikalah lahul mulku walahul hamdu wahuwa 'ala kulli syai in qodir, maka Gusti Allah akan menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapus sejuta kesalahan."

$ads={1}

Nah, maka setelah sholat Jum'at, sempatkan pergi ke toko, warung atau pasar buat beli apa saja, gak harus beli yang mahal-mahal. Dan bagi pedagang, kudu gelar lapaknya dan melayani pembeli sebaik-baiknya. Jangan males-malesan. Kita sambut barokahnya bekerja dan jual beli setelah sholat Jum'at.

Mugi manfaat.

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Jual Beli Setelah Shalat Jum'at Mendatangkan Keberkahan "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close