Perbedaan Pandangan Ulama tentang Qunut Subuh

PERBEDAAN PANDANGAN ULAMA TENTANG QUNUT SUBUH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Saat ini telah banyak ulama-ulama wahabi di Indonesia  yang mulai mengatakan bahwa Qunut Subuh merupakan ikhtilaf para ulama'. Namun ada sebagian kelompok wahabi di media sosial tetap bersikeras mengatakan bahwa Qunut Subuh adalah bid'ah dholalah.

Sebenarnya, bagaimana kontroversi yang terjadi seputar Qunut Subuh? Berikut penjelasannya yang terdapat didalam kitab Syarh Shohih Bukhari karya Imam Ibnu Batthal jilid 2 halaman 585:

«شرح صحيح البخارى لابن بطال» (2/ 585):

«وفى (المدونة) : القنوت فى الصبح قبل الركوع وبعده واسع، والذى يستحب مالك فى خاصة نفسه قبل الركوع

Di dalam kitab Al Mudawwanah dijelaskan : Qunut di dalam sholat Subuh sebelum rukuk dan setelahnya itu ada keluasan hukum. Dan yang menilainya mustahab (sunnah) adalah Imam Malik didalam kekhususan dirinya sebelum rukuk.

وهو حسن عند مالك، وعند الشافعى سنة فى الصبح، وقال: يقنت فى الصلوات كلها عند حاجة المسلمين إلى الدعاء. 

Qunut itu bagus menurut Imam Malik. Dan menurut Imam Syafi'iy adalah sunnah di dalam sholat Subuh. Dan dia berkata "Berqunut di setiap sholat ketika ada hajat kaum muslimin terhadap doa"

قال الطحاوى: لم يقل هذا أحد قبله؛ لأن النبى، عليه السلام، لم يزل محاربًا للمشركين إلى أن توفاه الله، ولم يقنت فى الصلوات. 

Imam At Thahawi berkata "Ini belum pernah dikatakan oleh seorang pun sebelumnya. Sesungguhnya Nabi AS tidak henti-hentinya memerangi kaum musrikin sampai beliau wafat dan beliau tidak melakukan qunut di berbagai sholat.

$ads={1}

 وقالت طائفة: لا قنوت فى شىء من الصلوات المكتوبة، روى ذلك عن عمر، وابن مسعود، وابن عمر، وابن عباس، وابن الزبير،

Sekelompok ulama berkata "Tidak ada qunut dalam sesuatu apapun dari sholat-sholat fardu." Hal itu diriwayatkan dari Umar, Ibnu Mas'ud, Ibnu Umar, Ibnu Abbas dan Ibnu Zubair.

وقال ابن عمر: هى بدعة، وقال قتادة، وإبراهيم: لم يقنت أبو بكر ولا عمر حتى مضيا. 

Ibnu Umar berkata "Hal itu bid'ah" Qatadah berkata dan Ibrahim "Abu Bakar dan Umar tidak melakukan qunut sampai mereka wafat"

وقال علقمة، عن أبى الدرداء: لا قنوت فى الفجر، وعن طاوس مثله، وهو قول الكوفيين والليث، وقال الكوفيون: إنما القنوت فى الوتر، 

Alqamah berkata dari Abi Darda' "Tidak ada qunut didalam sholat Subuh" dan dari Thawus hal serupa dan hal itu adalah perkataan ulama Kufah dan Imam Al Layts. Ulama Kufah berkata "Sesungguhnya qunut hanya didalam sholat Witir"

واحتج هؤلاء بما روى الطبرى، عن أبى كريب، حدثنا ابن إدريس قال: سمعت سعد بن طارق أبا مالك الأشجعى قال: قلت لأبى: صليت خلف رسول الله، وأبى بكر، وعمر، وعثمان، وعلى أكانوا يقنتون؟ قال: لا يا بنى، محدثة. 

Mereka berhujjah dengan apa yang diriwayatkan oleh Imam At Thabary dari Abi Karib yang diceritakan oleh Ibn Idris dia berkata "Aku mendengar Sa'd bin Thariq bapaknya Malik Al Asyja'iy dia berkata "Aku berkata kepada bapakku "Kamu sholat di belakang Rasulullah, Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, apakah mereka melakukan qunut?" Bapaknya berkata "Tidak wahai anakku, itu hal baru"

وقال الطبرى: والصواب فى ذلك أن يقال إن الخبر قد صح عن الرسول أنه قنت على القراء إما شهرًا أو أكثر فى كل صلاة مكتوبة، ثم ترك ذلك، وثبت قنوته فى الصبح، 

Imam At Thabari berkata "Yang benar didalam hal itu adalah dikatakan bahwasanya khabar telah shahih datang dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau melakukan qunut atas (wafatnya) ahli Al Qur'an kira-kira sebulan atau lebih di setiap sholat fardu, kemudian beliau meninggalkannya dan tersisalah qunutnya di dalam sholat Subuh"

Baca Juga: Benarkah Qadha Shalat Tidak Ada Dalilnya?

وصح الخبر عنه أنه لم يزل يقنت فى صلاة الصبح حتى فارق الدنيا، 

"Telah shahih sebuah kabar bahwasanya beliau tidak henti-hentinya melakukan qunut di dalam sholat Subuh sampai beliau meninggal dunia" 

حدثناه عمرو بن على قال: أخبرنا خالد بن زيد، قال: أخبرنا أبو جعفر الرازى عن الربيع قال: (سئل أنس عن قنوت النبى، عليه السلام، أنه قنت شهرًا قال: لم يزل يقنت عليه السلام، حتى مات) ، حديث أبى مالك صحيح عندنا أيضًا

"Amr bin Ali telah meriwayatkan kepada kami, dia berkata "Khalid bin Zaid berkata, Abu Ja'far Ar Razi mengabarkan kepada kami dari Rabi' dia berkata "Anas ditanya terkait qunut Nabi AS sesungguhnya beliau qunut selama satu bulan" Anas berkata "Nabi AS tidak henti-hentinya melakukan qunut sampai beliau meninggal dunia" Hadits ABi Malik shahih juga disisi kami"

Melalui hujjah-hujjah ulama diatas kita dapat memahami bahwa ada perbedaan pendapat mengenai qunut subuh dan hal ini bukanlah bid'ah dholalah. Dalam memahami suatu hukum, mestinya seorang muslim apalagi ulama harus bijak dan membaca banyak referensi kitab sebelum mengeluarkan fatwa. inilah pentingnya membaca banyak kitab, agar lebih tau bagaimana luasnya ilmu agama islam.

Wallahu a'lam.

Sumber: Saiful Anwar

Penulis: Hendra, S

Demikian Artikel " Perbedaan Pandangan Ulama tentang Qunut Subuh "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close