Tata Cara dan Adab Ziarah Kubur Oleh Mbah Wahab Rembang

TATA CARA DAN ADAB ZIARAH KUBUR OLEH MBAH WAHAB REMBANG

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Adapun tata cara dan adab dalam nyarkub diterangkan oleh Mbah Nur Salam Abdul Wahab Rembang sebagai berikut :

1. Ketika sampai di depan makam, kita membaca salam dengan redaksi berikut :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا وَلِيَّ اللهْ ~ وَصَاحِبَ الْكَرَامَاتِ وَالشَّفَاعَةْ

جِئْنَاكَ زَائِرِيْنَ مُتَوَسِّلِيْنْ ~ بِكَ فَلاَ تَرُدَّ لَنَا خَائِبِيْنْ 

"Semoga engkau dianugerahi kedamaian dan kesejahteraan, wahai Waliyullah, wahai orang yang dianugerahi karomah dan syafaah. 

Kami datang kepadamu sebagai peziarah dan orang yang ingin bertawasul melaluimu, maka janganlah engkau menggolongkan kami sebagai orang yang gagal"

2. Lalu duduk ke arah kubur sebelah barat menghadap ke timur, sehingga seakan menghadap wajah waliyullah tersebut agar muncul rasa tawadhu'. 

$ads={1}

3. Lalu berkirim bacaan Al Fatihah, surat At Takatsur, surat Yasin dan tahlil kepada semua muslimin dan muslimat ahli kubur. Dan dikhususkan kepada para Nabi, Rasul dan waliyullah sejagat. 

4. Berdoa dengan khusyuk kepada Gusti Allah, dengan bertawasul kepada Nabi, Rasul dan waliyullah sejagat. 

5. Bersedekah kepada orang-orang yang berada di sekitar makam agar diberi ijabah doanya dan selalu diberi keselamatan. Meskipun sedikit jangan eman-eman. 

Baca Juga: Tata Cara Ziarah Kubur Ke Makam Waliyullah

Nah, itu adab nyarkub menurut beliau, Mbah Nur Salam Rembang, yang ditulis dalam bentuk syair. Mungkin njenengan ada tata cara lain ya monggo. Pokoknya nyarkub dan ngalap berkah, mugi kita dapat syafaah. Aamiin. 

Oleh: Fahmi Ali N H

Demikian Artikel " Tata Cara dan Adab Ziarah Kubur Oleh Mbah Wahab Rembang "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close