Kenapa Harus Bertarekat Mu'tabarah?

KENAPA HARUS BERTAREKAT MU'TABARAH?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Malam terakhir diminta oleh Abuya Amran Wali al-Khalidi Mursyid Naqsabandiyah Khalidiyah mengisi pengajian Nuzulul al-Qur'an. Salah satu materi yg saya sampaikan terkait penting mengikuti tarekat mu'tabarah supaya terhindar dari penyimpangan. 

Ada alasan penting para ulama NU pada tahun 1957 mendirikan organisasi tarekat mu'tabarah yaitu sebagai wadah para pengamal tarekat yang memenuhi syarat mu'tabarah. Kemudian wadah ini berproses menjadi JATMAN sebagai badan otonomi dibawah PBNU. Syarat utama dalam tarekat mu'tabarah yaitu: 

1. Memiliki silsilah muttasil dari para guru yg tersambung hingga Rasulullah Saw. Supaya kaifiyat zikir, riyadhah mujahadah dan prakteknya  tidak menyimpang dari ajaran Rasulullah SAW baik scr dhahir dan batin. 

$ads={1}

2. Mursyid yang membimbing memiliki kedalaman ilmu (tabahhur ilmi) baik ilmu syariat, hakikat, tarekat maupun marifat. 

3. Mursyid akan mengajarkan tazkiyatun nufus (melakukan riyadahah mujahadah utk menyucikan nafsu2 tercela), tasfiyatul qulub (mengamalkan zikir nafi itsbat dan ismu dzat utk menjernihkan hati dari segala sesuatu selain Allah) melalui pengajian dan praktek suluk yg istiqamah.

4. Mursyid akan mengajarkan bahwa tujuan salik itu wushul ilallah bukan mencari kesaktian, bukan mengejar mimpi2 ghaib, bukan pula berambisi mengejar martabat kewalian. Selama masih ada lintasan2 tsb selama itu pula tidak bisa merasakan aroma ma'rifah. 

5. Mursyid akan mengajarkan disiplin dalam melaksanakan ibadah yang fardhu dan sunnah sehingga praktek syariah, hakikat, tarekat dan marifah menjadi satu kesatuan yg tak terpisahkan. 

6. Mursyid akan mengajarkan supaya para salik menunjukkan akhlak karimah dan menjadi pribadi yang bermanfaat di tengah masyarakat.

Oleh: Kyai Ali M. Abdillah

Demikian Artikel " Kenapa Harus Bertarekat Mu'tabarah? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close