Adab Syekh Ramadhan Al-Buthi Kepada Ayahnya

ADAB SYEKH RAMADHAN AL-BUTHI KEPADA AYAHNYA

دعا رئيس جامعة اللاذقية (جامعة تشرين اليوم) عام 1972م جميع أساتذة الجامعة آنذاك إلى العشاء في منزله بمناسبة مرور عام على تأسيس الجامعة. كان الدكتور البوطي في تلك الفترة عميداً لكلية الشريعة في جامعة دمشق، وبرغم مشاغله وارتباطاته الكثيرة فقد قبل أن يأتينا من دمشق كل يوم أربعاء لتدريس مادة القرآن الكريم في قسم اللغة العربية فكنّا نستضيفه تلك الليلة ليعود إلى دمشق بعد ظهر الخميس.

Rektor Universitas Lattakia (sekarang namanya "Tishreen University") pada tahun 1972 mengundang semua profesor universitas untuk makan malam di rumah beliau pada kesempatan ulang tahun berdirinya universitas tersebut. 

DR. Al-Bouthi adalah dekan Fakultas Syariah di Universitas Damaskus, dan meskipun banyak kesibukan dan kegiatan, beliau datang dari Damaskus setiap hari rabu untuk mengajar mata pelajaran Al-Quran di jurusan bahasa Arab, jadi kami undang beliau malam itu sehingga beliau kembali ke Damaskus pada hari kamis siang.

كنت أعمل آنذاك في تأسيس مكتبة الجامعة، إذ لم تكن هذه المكتبة موجودة قبل ذلك الوقت، وحدث أن زارني رئيس الجامعة في مكتبي وأنا أستضيف الدكتور البوطي عندي، فوجّه إلينا معاً الدعوة لحضور العشاء مساء يوم الخميس. أجبت من فوري بقبول الدعوة شاكراً، ولكن الدكتور البوطي طلب بلطف أن يستأذن والده في دمشق أولاً !!

Saat itu, aku sedang bekerja untuk mendirikan perpustakaan universitas, perpustakaan itu tidak ada sebelumnya, rektor universitas tersebut mengunjungiku di kantorku dan saat itu aku menjadi tuan rumah Dr. al-Bouthi. Sang rektor mengundang kami bersama untuk menghadiri makan malam pada hari kamis malam. Aku segera menjawab dengan menerima undangan tersebut sambil mengucap terima kasih, tapi Dr. al-Bouthi dengan lembut meminta untuk memohon idzin terlebih dahulu dari ayah beliau di Damaskus!

لا أدري أيّنا كان وقع المفاجأة عليه أكبر، أنا أم رئيس الجامعة، فأن يعتذر بأي عذر آخر سيبدو أمراً عادياً لا غبار عليه، أما أن يطلب أستاذ جامعي كبير في الأربعين (تقريباً) وأبناؤه الآن ما شاء الله طلاب في الجامعة، وهو عميد لكلية كبيرة ككلية الشريعة، وفي جامعة كبيرة كجامعة دمشق، أن يطلب الإذن من والده لحضور عشاء وتمديد زيارته للاذقية من مساء الخميس إلى صباح الجمعة، فهذا أمر كان وقعه عليّ _ وعلى رئيس الجامعة كما تؤكد ملامح الذهول في وجهه _ وقع الصاعقة، ومع ذلك فقد استجمع رئيس الجامعة قواه وعدّل ملامح وجهه بسرعة الدبلوماسي الحكيم وتوجّه إليّ قائلاً : اذهب يا بسّام مع الدكتور البوطي إلى مكتبي ليتصل من هاتفي المباشر هناك بوالده في دمشق.

Aku tidak tahu pada siapa datangnya kejutan besar itu, padaku ataukah pada rektor universitas, jika beliau meminta maaf atas alasan lain tentu akan terlihat normal, tapi seorang profesor di universitas pada usia empat puluhan tahun & anak-anak laki-laki beliau sekarang adalah para mahasiswa di universitas tersebut, sementara beliau sendiri adalah dekan Fakultas besar seperti fakultas Syariah, dan di sebuah universitas besar seperti Universitas Damaskus, lalu meminta izin dari ayah beliau untuk menghadiri makan malam dan memperpanjang kunjungan di Lattakia dari sore kamis sampai jum`at pagi.

Hal itu sangat mengejutkan bagiku - dan bagi rektor universitas seperti yang tampak jelas dari raut wajah beliau - bagaikan petir yang menyambar, rektor itu pun berusaha mengumpulkan kekuatan dan mengubah raut wajah dengan cepat secara diplomat yang bijaksana dan mengarahkanku untuk mengatakan: "Ya Bassam. pergilah dengan DR. al-Bouthi ke kantorku untuk menelpon langsung di sana dengan ayahnya di Damaskus".

$ads={1}

المفاجأة لم تنته بعد، ففي مكتب الرئيس أمسك الدكتور البوطي بالسماعة وسمعت منه وهو يحدث والده على الهاتف العبارات التالية التي أحاول أن أنقلها هنا حرفياً :

Hal yang mengejutkan belum berakhir. Di kantor rektor, DR. al-Bouthi memegang gagang telpon dan mendengarnya saat ayahnya sedang berbicara di telepon. Kata-kata berikutlah yang ku usaha sampaikan di sini secara persisnya:

- السلام عليكم أبي 

Assalamu `alaikum ayahku.

- السيد رئيس الجامعة دعاني مع بقية الأساتذة مساء غد للعشاء في منزله، فهل أستطيع حضور المأدبة وأعود إلى دمشق صباح الجمعة

Bapak rektor Universitas mengundang saya bersama para profesor lainnya besok malam untuk makan malam di rumah belisu, dapatkah saya menghadiri perjamuan tersebut dan kembali ke Damaskus pada hari jum`at pagi?

- شكراً أبي ... السلام عليكم ....

Terima kasih, ayahku,. Assalamu `alaikum

وضع السماعة وقلت له مجاملاً : الحمد لله، هكذا أصبحت الأمور أسهل وتستطيعون الآن البقاء باطمئنان، وكانت المفاجأة الثانية تنتظرني على لسان الشيخ :

Beliau meletakkan gagang telpon dan aku pun berbasa-basi: "Alhamdulillah, jadi segalanya lebih mudah dan Anda sekarang bisa di sini dengan tenang", dan kejutan kedua menungguku di lidah Syekh:

- لا والله، لا أستطيع، أبي ما وافق

- Tidak demi Allah, saya tidak bisa, ayahku tidak setuju.

لن تتصور أبداً معالم المفاجأة على وجهي، ولا على وجه رئيس الجامعة حين وصفت له بدقة ما جرى على الهاتف ... هل هذا معقول؟!! ولا نقاش ولا حوار ولا إلحاح، ولا حتى كلمة رجاء أو محاولة ثني والده عن رأيه ..!! (لا) يعني (لا) وكفى. ترى، ماذا سيقول أبناء هذا الجيل الطالع وهم يسمعون هذه القصة، وهل سيحاول بعضهم أن يجرّب فعل هذا مع نفسه ومع أبيه، ولو مرة واحدة ...؟!

Kamu tidak akan pernah membayangkan tanda-tanda terkejut di wajahku, atau di wajah rektor universitas saat aku menjelaskan kepada beliau apa yang sebenarnya terjadi di telepon ... Apakah ini masuk akal? !! Tidak ada diskusi, tidak ada dialog dan tidak ada memohon-mohon dengan kuat, bahkan tidak ada kata pengharapan atau mencoba untuk menghalangi ayahnya dari pendapatnya .. !! "Tidak" berarti "tidak" dan cukup. 

Kira-kira apa yang akan dikatakan anak-anak generasi sekarang saat mereka mendengar cerita ini, dan apakah beberapa dari mereka mencoba untuk melakukan hal ini dengan dirinya sendiri dan dengan ayahnya, bahkan untuk sekali saja ...?!

الأغرب من هذا أنني حين قدمت أستاذنا الدكتور البوطي قبل سنوات لجمهور الحاضرين في أكاديمية أوكسفورد وهو يستعدّ لإلقاء محاضرته، وسمعني وأنا أقصّ عليهم هذه القصة، نظر إليّ نظرة هادئة كمن ينظر إليك متوقعاً بقيّة النكتة، وعيناه تقولان لي : نعم؟ وماذا في هذا؟ أين وجه الغرابة في هذه القصة.

Lebih aneh lagi, ketika beberapa tahun yang lalu, aku mempersilahkan DR. al-Bouthi kepada para hadirin di Akademi Oxford saat beliau mempersiapkan diri untuk menyampaikan ceramah beliau, dan beliau mendengar aku menceritakan kisah ini kepada mereka, beliau menatapku dengan tenang seolah seseorang yang melihat padamu dengan mengira ada hal lainnya. Dan kedua mata beliau berkata padaku: "Iya? Memangnya ada apa dari hal ini? (biasa saja), Dimana keanehan dari cerita ini?".

اجعلو أولادكم يقرأون هذه القصة لعلها تنفعهم في تعلم الادب.

Buat anak-anak anda membaca cerita ini semoga bermanfaat bagi mereka dalam mempelajari adab.

Kiriman Syekh Ahmad al-Hajin hafizhahullah pada 13 januari 2018 M

Demikian Artikel " Adab Syekh Ramadhan Al-Buthi Kepada Ayahnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close