Kitab Hadits Sunan Imam Tirmidzi menjadi Kitab Hadits Terbaik

KITAB HADITS SUNAN IMAM TIRMIDZI MENJADI KITAB HADITS TERBAIK

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Di antara kitab hadits yang terbaik untuk dibaca dan diambil faidah fikihnya adalah sunan Tirmidzi, kenapa?

1. Imam Tirmidzi di hampir setiap hadis yang beliau tulis akan menuliskan bagaimana hadis ini diamalkan, siapa saja yang mengamalkan hadis ini dan siapa saja yang tidak mengamalkan hadis ini. Dari sini kita tahu bahwa urusan "tidak mengamalkan hadis" sebenarnya perlu kita letakkan pada posisinya (dan jangan tergesa2 mencela) karena para ulama salaf terkadang meninggalkan suatu hadis karena sejumlah sebab, bisa karena bertentangan dengan dalil lain, karena dinilai dha'if, karena ada dalil lain yang lebih kuat, dan sejumlah hal yang perlu diperdalami lebih lanjut.

2. Imam Tirmidzi menjelaskan perbedaan pendapat terkait hadis yang sedang dibahas, baik perbedaan pendapat antara para sahabat, tabi'in, hingga para Imam Mazhab dan muridnya, beliau juga terkadang menjelaskan dalil atau pemahaman terhadap dalil yang menjadi landasan dari pendapat-pendapat yang ada. Dari sini kita akan tahu bahwa perbedaan pendapat dalam fiqh sudah terjadi sejak masa sahabat dan perbedaan pendapat itu terjadi karena sejumlah sebab.

Contohnya dalam foto yang saya tampilkan ini, terkait shalat sunnah sebelum maghrib sebagian sahabat melakukan shalat 2 rakaat dan sebagian tidak melihat adanya shalat sunnah sebelum maghrib. Tidak heran jika mazhab fiqh saat ini berbeda dalam hal sunnah qabliyah maghrib karena para sahabat pun sudah berbeda.

3. Adanya perbedaan pendapat di generasi salaf yang kemudian perbedaan itu masih "dilestarikan" oleh mazhab2 fiqh menunjukkan bahwa mazhab2 fiqh adalah kelanjutan dari fiqh generasi salaf.

Baca Juga: Imam Malik Mengetahui Seluruh Hadis yang di Hafalnya

4. Imam Tirmidzi menjelaskan tingkatan hadis yang beliau tuliskan. Dari sini kita akan tahu bahwa ada banyak hadis dha'if yang ternyata diamalkan oleh para fuqaha salaf dalam hukum, meski sebatas hukum sunnah, ibahah, dan makruh, tidak sampai pada wajib dan haram. Syekh Yusri Jabr juga menyatakan bahwa pengamalan ummat terhadap suatu hadis dha'if berarti telah memperkuat hadis tersebut.

$ads={1}

5. Imam Tirmidzi terkadang melakukan tarjih (meski tidak di semua tema), menunjukkan bahwa Imam Tirmidzi juga seorang mujtahid yang memiliki kemampuan untuk itu.

6. Terlebih lagi, jika kita membaca Sunan Tirmidzi yang hadisnya dinilai ulang oleh Syekh Nashiruddin al-Albani, kita akan melihat banyak perbedaan penilaian antara keduanya. Ini menunjukkan bahwa penilaian terhadap hadis juga bisa saja berbeda dan kita tinggal memilih antara: 1) memilih salah satu secara bebas sesuai dengan kecenderungan perasaan kita, 2) menilai ulang untuk membuktikan penilaian siapa yang lebih tepat.

Dengan membaca kitab Sunan Tirmidzi ini diharapkan kita semakin terbuka dan tidak kaku ketika menghadapi perbedaan pendapat antara para ulama karena masing-masing telah melakukan ijtihad sesuai dengan kapasitas mereka, diharapkan juga kita bisa memahami kenapa bisa muncul suatu pendapat dan kenapa bisa muncul perbedaan pendapat.

Oleh: Fahmi Hasan Nugroho

Demikian Artikel " Kitab Hadits Sunan Imam Tirmidzi menjadi Kitab Hadits Terbaik "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close