Tips Sebelum Memasukan Anak di Ponpes Lirboyo

TIPS SEBELUM MEMASUKAN ANAK DI PONPES LIRBOYO

RUMAH -MUSLIMIN.COM - Yang mau memasukan anaknya ke Lirboyo, ada baiknya baca ini.. 

1. Sebelum memutuskan masuk ke Lirboyo putuskan dulu segmentasi santri yang dipilih, mau jadi ahli kitab? Mau jadi hafidz? Mau mondok sambil sekolah? 

Untuk segmentasi bisa baca posting ini : 

2. Lirboyo itu ada banyak unit Pesantren, ada sekitar 25cabang/unit. Dan unit2 ini punya peraturan yang berbeda meskipun mayoritas unit diikat dalam satu madrasah, Madrasah hidayatul mubtadiin..

Dan antum bisa memasukan putra putri ke unit sesuai segmentasi yang sudah dipilih di awal :

Kalau mau konsentrasi kitab bisa masuk ke induk atau PPHM Kiai Kafabih, atau PP HMA kiai Athoillah. 

Kalau mau sambil sekolah bisa masuk ke HY Kiai Rofii ya'qub, darussalam, Mahrusiyah Gus Reza, atau yang benefid bisa masuk ke Arrisalah. 

Kalau mau tahfidz ada PP Hufadz Kiai Maftuh bastul birri. 

$ads={1}

3. Biaya masuk Lirboyo sangat bervariatif, yang gratispun ada, bisa masuk khodim, yang puluhan juta juga ada bisa masuk Unit Arrisalah. Akan tetapi secara umum biaya di Lirboyo terjangkau, diambil rata2 saja pendaftaran 1-2jt, SPP bulanan ±100rb, makan sendiri di kantin 3500/porsi macul atau catering. Sederhananya rata2 kebutuhan hidup di Lirboyo 500-750rb/bulan, tergantung anaknya merokok atau tidak.. 

4. Lirboyo terhitung padat, bahkan super padat, total santri saat ini dengan semua unit ±40rb. Bangunan asrama sederhana, bahkan super sederhana, sebagian asrama modelnya seperti perkampungan, air cukup baik, WC cukup memadai, asrama sangat padat bahkan sebagian ada yang tidur di serambi atau ruang kelas, kantin banyak.

Kebersihan? Hehe.. 

5. Pelajaran di Lirboyo sudah cukup komplit, muktabar, sanad jelas, lulus dapat ijazah S1/S2 muaddalah Ma'had aly, peraturan ketat dan kegiatan bisa dikatakan full dari mata melek sampai tidur lagi, dari pagi sampai malam. 

6. Bakat anak diasah sendiri sesuai dengan minat dan semangat masing2, adapun pesantren sudah menyediakan ektra kulikuler untuk diikuti seperti bahasa inggris, komputer, jurnalistik, ketrampilan wirausaha dll. 

7. Karena faktor kepadatan, akhirnya diberlakukan zonaisasi untuk anak di bawah umur (masih umur SD). Zonaisasi ini akan ditempatkan ke pondok2 cabang seperti majalengka, malang, blitar, kampar Riau dll. Dan suatu saat kalau sudah cukup umur diperbolehkan pindah ke Lirboyo pusat. 

Semoga bermanfaat..

Oleh: Gus Tsabit Abi Fadhil

Demikian Artikel " Tips Sebelum Memasukan Anak di Ponpes Lirboyo "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close