Perbedaan Shalat Jamak, Shalat Qashar dan Shalat Jamak Qashar

PERBEDAAN SHALAT JAMAK, SHALAT QASHAR DAN SHALAT JAMAK QASHAR

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Shalat fardhu merupakan salah satu rukun islam yang mesti dijalankan oleh seorang muslim yang telah baligh. shalat fardhu tidak boleh ditinggal dengan keadaan apapun. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan seorang muslim melakukan perjalanan jauh karena pekerjaan ataupun mudik pulang kampung, bagaimana cara shalatnya?

Jumhur ulama (mayoritas ulama) bersepakat bahwa orang yang melakukan perjalanan (safar) hingga lebih dari 81 km mereka akan diberikan rukhsah (keringanan) dalam shalatnya.

Shalat Jama' dan Qashar mungkin sudah tidak asing ditelinga kaum muslimin. Isitilah ini biasanya dipergunakan bagi mereka yang shalat ketika ingin/sedang dalam perjalanan jauh. Oleh sebab itu kami akan menulis artikel tentang perbedaan Shalat Jama', Shalat Qashar dan Shalat Jama' Qashar:

Pengertian Shalat Jama'

Shalat Jama' artinya mengumpulkan, yaitu mengumpulkan dua shalat fardhu yang dikerjakan dalam satu waktu yang sama. Seperti Dzuhur dengan Ashar, Maghrib dengan Isya.

Shalat Jama' dibagi menjadi 2 yakni:

1. Jama' Taqdim : Mengumpulkan 2 waktu shalat dan dikerjakan waktu shalat yang lebih awal. Contoh: Dzuhur dengan Ashar, dikerjakan pada waktu Dzuhur.

2. Jama' Takhir : Mengumpulkan 2 waktu shalat dan dikerjakan waktu shalat yang paling akhir. Contoh: Dzuhur dengan Ashar, dikerjakan pada waktu Ashar.

Adapun shalat shubuh tidak boleh dijamak dengan shalat lainnya dan tetap dilaksanakan pada waktunya sendiri, walaupun dalam kendaraan. 

Apakah Shalat Ashar boleh dijamak dengan Shalat Maghrib?

Shalat Dzuhur hanya bisa jama' dengan shalat Ashar sedangkan shalat Magrib hanya bisa jama' dengan shalat Isya. Jadi Shalat Ashar tidak bisa di jama' dengan shalat magrib.

$ads={1}

Pengertian Shalat Qashar

Shalat Qashar artinya meringkas Shalat 4 raka'at menjadi 2 raka'at pada waktu Dzuhur, Ashar dan Isya'. Hal ini hanya boleh dilakukan dalam waktu safar (perjalanan jauh).

Pengertian Shalat Jama' Qashar

Shalat Jama' Qashar adalah dua shalat fardu yang dikerjakan secara bersama dengan meringkas raka'at shalat menjadi dua raka'at. Contoh seperti shalat Dzuhur, Ashar dan Isya, yang sebelumnya 4 raka'at menjadi 2 raka'at. 

dan shalat Jama' Qashar dapat dilakukan pada shalat Jama' Taqdim atau Ta'khir.

Perbedaan Ringkas Shalat Jamak, Shalat Qashar dan Shalat Jamak Qashar

Shalat jama' (Mengumpulkan): Maksudnya menggabungkan dua shalat dalam satu waktu

Shalat Qashar (Meringkas): Maksudnya meringkas shalat 4 raka'at menjadi 2 raka'at

Shalat Jama' Qashar: Menggabungkan sekaligus meringkas shalat tersebut

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Shalat Jama', Shalat Qashar dan Shalat Jama' Qashar

Oleh: Hendra, S

Demikian Artikel " Perbedaan Shalat Jamak, Shalat Qashar dan Shalat Jamak Qashar "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close