Teladan Nabi Muhammad Dalam Menghargai Anak Kecil

TELADAN NABI MUHAMMAD DALAM MENGHARGAI ANAK KECIL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Menghargai anak meskipun mereka masih kecil akan melahirkan sifat percaya diri, menguatkan mental, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan yang tak kalah penting, menjadikan mereka pribadi yang mudah menghargai orang lain.

Berikut ini beberapa teladan dari Nabi kita Muhammad shalallahu'alaihi wassalam yang bisa menjadi panduan bagi kita dalam menghargai anak-anak ...

1. Mendahului menyapa mereka

Dalam shahih Bukhari diriwayatkan hadits dari Anas bin  Malik bahwa Nabi shalallahu'alaihi wassalam biasa mendahului mengucapkan salam kepada anak-anak.

2. Mengajari adab dan ilmu secara langsung

Dalam shahihain diriwayatkan ada dua anak yang bersin, salah satunya didoakan /dijawab bersinnya oleh Rasulullah, sedangkan yang lain tidak.

Beliau kemudian berkata kepada salah satu orang tua anak tersebut : "Putramu bersin tapi tidak mengucapkan Hamdallah, akupun tidak mendoakannya, sedangkan dia mengucap hamdallah, akupun mendoakannya."

3. Meminta izin ketika akan mengambil barang miliknya

Dalam shahih Muslim disebutkan bahwa Rasulullah pernah diberi air minum, beliau meminumnya. Ketika itu di sebelah kanan beliau ada anak kecil dan di sebelah kanan beliau orang-orang dewasa.

Secara adab, memberikan sesuatu harus mendahulukan yang berada di sebelah kanan dari yang kiri, namun karena pertimbangan di sebelah kiri beliau anak kecil, maka Nabi ingin mendahulukan orang dewasanya. Beliau lalu berkata kepada anak tersebut : "Apakah engkau mengizinkan jika aku memberikan air ini kepada mereka dahulu ?"

$ads={1}

4. Mengajak bermusyawarah dalam persoalan yang bisa ia cerna

Dalam majelis musyawarah Nabi shalallahu'alaihi wassalam terkadang turut hadir para pemuda-pemuda yang masih belia. Bahkan Beliau shalallahu'alaihi wassalam pernah mengutamakan pendapat kalangan muda dari yang tua seperti  dalam kasus perang Uhud.

Begitu juga di masa khalifah sepeninggal beliau, sayidina Umar bin Khattab misalnya, melibatkan beberapa sahabat kecil seperti Abdullah bin Abbas turut serta dalam majelis musyawarah.

5. Memberikan anak amanah yang mampu untuk ia emban

Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam pernah memberikan amanah kepada Usamah bin Zaid untuk memimpin pasukan perang yang di dalamnya  ada shahabat - shahabat senior  seperti Abu Bakar dan Umar.

Begitu juga beberapa sahabat kecil seperti Amr bin Salamah pada usia 7 tahun sudah diberi amanah untuk mengimani kaumnya karena kefaqihan dan hafalan Qur'annya.

6. Menghiburnya saat ia berduka

Dalam musnand imam Ahmad disebutkan riwayat sahabat Anas bin Malik yang menceritakan bahwa ia memiliki saudara yang biasa diajak bercanda oleh Nabi shalallahu'alaihiwassalam. 

Suatu ketika, beliau melihatnya sedih karena burung mainannya mati. Beliau pun bertanya dengan tujuan menghiburnya, “Wahai Abu ‘Umair ada apa dengan burung kecilmu ?” 

Demikian, semoga bermanfaat.

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Demikian Artikel " Teladan Nabi Muhammad Dalam Menghargai Anak Kecil "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close