Pengertian Tawassul dan Tabarruk Secara Terminologi dan Contohnya

PENGERTIAN TAWASSUL DAN TABARRUK SECARA TERMINOLOGI DAN CONTOHNYA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Istilah Tawasul dan Tabarruk merupakan salah satu istilah yang populer dalam islam, terutama dikalangan Sarkub (orang-orang yang melakukan perjalanan spritual dengan ziarah ke makam-makam orang shaleh).

Secara pengertian tawassul adalah permohonan doa kepada Allah SWT melalui perantara atau wasilah seseorang yang sudah wafat. sedangkan pengertian tabarruk adalah sebuah tindakan mencari berkah dari orang-orang soleh seperti para Nabi, Wali, Kyai dan Alim Ulama dengan harapan mendatangkan kebaikan untuknya. sedanga

Tawasul dan Tabarruk Secara Terminologi

Tawasul secara terminologi adalah mendekatkan diri kepada Allah atau berdoa kepada Allah dengan menggunakan wasilah atau dengan bantuan perantara.

Contoh Tawasul: 

Disaat kita berziarah kubur ke Makam Waliyullah/orang shaleh maka kita berdoa disamping kuburnya dengan menyebut si ahli kubur sebagai (perantara/wasilah) agar doa kita di ijabah oleh Allah SWT. contoh:

" Ya Allah Ya Rabb, saya memohon kepadamu melalui perantara kemuliaan orang Shaleh di makam ini yakni Fulan bin Fulan agar hajat hamba dapat dikabul oleh-Mu ya Rabb "

Inilah yang disebut sebagai Tawasul. Berdoa di sini konteksnya bukan meminta kepada yang di dalam kubur namun kita meminta kepada Allah SWT melalui wasilah yang ada di dalam kubur tersebut dengan harapan diijabah oleh Allah SWT. Dalam islam, berdoa/meminta hajat yaitu kepada Allah SWT, karena meminta kepada selainnya adalah syirik. Namun hal ini yang sering disalahpahami oleh kelompok wahabi yang mengatakan orang yang berziarah kubur disebut meminta-minta ke ahli kubur, ini jelas fitnah yang keji.

Baca Juga: Tabarruk yang dilakukan Sahabat Nabi dan Ulama Salaf

Apakah ada dalilnya? jelas ada dan bahkan banyak. kami berikan salah satu kisah dari Sahabat Nabi Sayyiduna Umar ibn Khattab:

Dikisahkan di masa pemerintahan Amirul Mukminin Sayyidina Umar Bin Khattab radhiyallahu 'anhu terjadi musim kering dan paceklik hebat. 

Orang-orang mengadukan kesulitan kepada Umar. Lalu Khalifah Umar pergi kepada paman Nabi, Abbas bin Abdul Muthalib. 

Umar bin Khattab memohon hujan kepada Allah dengan bertawassul dengan Abbas Ibnu Abdul Muthalib. Dalam doanya Umar berkata: 

"Ya Allah, dulu kami senantiasa bertawassul kepada-Mu dengan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan Engkau memberi hujan kepada kami. Kini kami bertawassul kepada-Mu dengan paman Nabi kami, maka berilah hujan pada kami". Anas Bin Malik berkata: 

"Maka Allah menurunkan hujan pada mereka". 

(Shahih Al-Bukhari 2/32 dalam Bab Shalat Istisqo')

$ads={1}

Tabarruk secara terminologi adalah mencari keberkahan yaitu nilai tambah atau kebahagiaan

Contoh Tabarruk

Allah berfirman: 

ٱذۡهَبُواْ بِقَمِيصِي هَٰذَا فَأَلۡقُوهُ عَلَىٰ وَجۡهِ أَبِي يَأۡتِ بَصِيرٗا وَأۡتُونِي بِأَهۡلِكُمۡ أَجۡمَعِينَ ٩٣ 

"Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu usapkanlah ke wajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku." (Q.S Yusuf: 93)

Dari kisah ini menegaskan bahwa gamis yang dikenakan oleh Nabi Yusuf As mengandung keberkahan. Itulah yang diperintahkan langsung oleh Nabi Yusuf kepada saudara-saudaranya. Lewat wasilah gamis Nabi Yusuf itu, Nabi Ya'kub dapat melihat kembali tentunya atas izin Allah SWT.

Tabarruk bukan hanya khusus menggunakan benda dari Para Nabi saja, namun bisa dari benda-benda yang dikenakan oleh orang-orang shaleh dan juga tempat/situs/benda peninggalan para Nabi/Islam.

Baca Juga: Rangkuman Diskusi Perkara Tawassul Antara Aswaja vs Wahabi

Contoh: Ketika seorang kyai meminum air dari sebuah gelas, lalu gelas tersebut diambil oleh santri-santrinya untuk meminum bekas airnya, atau menggunakan gelas tersebut untuk digunakan ulang olehnya dengan mengharapkan berkah yang dipakai dari yang menggunakannya (kyai tersebut).

Atau Contoh lainnya, seperti orang yang berhaji memegang/mencium kain ka'bah

Demikian Pengertian Tawasul dan Tabarruk secara Terminologi

$ads={2}

Semoga informasi ini bermanfaat

Ditulis: Rumah-Muslimin

Demikian Artikel " Pengertian Tawassul dan Tabarruk Secara Terminologi dan Contohnya "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close