Transaksi Riba Jual Beli di Toko Emas

TRANSAKSI RIBA JUAL BELI DI TOKO EMAS

Wanita : Mas, kira-kira dari kalung saya ini dapat yang mana ya? 

( Seraya menunjukkan kalung emas yang dipegangnya )

Penjual : Kalau dari kalungnya Embak, dapat yang ini, ini, itu, sama yang sebelah kanan itu mbak.

Wanita : Ohh.. ya udah, ini mas, aku jual dulu kalung ini.

Penjual : Lho.. bukannya mau ditukar tah mbak?

Wanita : Ya mas, tapi aku jual dulu, baru nanti tak beliin lagi sama yang itu.

Penjual : Bukannya sama aja ya mbak? malah tambah ribet deh kayaknya.

( Dengan menyodorkan sejumlah uang kepada si wanita )

Wanita : Engga mas.. karena ini sama-sama emas, serta ukuran berat dan karatnya juga berbeda, maka kalau langsung ditukar namanya riba. Ngga boleh dalam Islam.

Penjual : Aku kok tambah mubeng ya mbak. ( mengerutkan dahi )

Wanita : Gini lho mas.. emas itu termasuk barang ribawi. Selain emas juga ada perak dan makanan yang masuk didalamnya. Barang ribawi itu, ketika satu macam jenis ; misalnya emas sama emas, perak sama perak dan makanan sejenis dengan makanan sejenis, maka harus memenuhi dua syarat jika ingin ditukar.

$ads={1}

1. Ukurannya harus sama. Berhubung emas ini sama yang situ berbeda, makanya engga boleh mas, jika lansung ditukar.

2. Selain itu juga harus diserahkan secara langsung, kaga boleh menunda-nunda ataupun yang satu diserahkan langsung, yang satu besok atau lusa. Ngga boleh. Harus kontan.

Penjual : Ohh.. gitu yha mbak. Baru faham saya. Nah,, kalau emas ditukar sama perak gimana mbak? kan sama-sama barang ribawi? apa juga harus sama, kayak emas ditukar emas?

Wanita : Kalau itu ngga sama mas, walaupun sama-sama barang ribawi tapi jenisnya berbeda. Dalam masalah ini, ukuran ngga harus sama, misalkan perak sekilo ditukar emas setengah kilo. Ngga ada masalah. Boleh-boleh saja. Tapi kudu kontan. Diserahkan langsung. Enggak boleh ditunda. Pokoknya selama penukaran barang ribawi dengan barang ribawi, walaupun beda jenis, unsur kontan harus menjadi menu wajib didalamnya!!

Penjual : Emmm.. Berarti selama ini saya sering melakukan akad riba dong mbak?

Wanita : Kalau kasusnya kayak tadi ya iya mas. hehe

Penjual : Waduhh, dosa dong. Makasih ya mbak atas pencerahannya. Ternyata begono.. baru tahu saya.

Wanita : Iya mas, sama-sama. Nanti kalau ada ibuk-ibuk yang mau tukar, emas bisa praktekin yang ini tadi. Biar pada ngerti kalau ini adalah praktek riba. Haram, ancamannya berat.

Penjual : Siap Tuan Ratu!! hehe, Aku masih bujang lho mbak..Ehem"

Wanita : Maaf mas, aku udah punya calon.

Penjual : ##@#_$$&##$#@????

—————— 

Ini adalah status saya tahun 2017 silam. Saya unggah ulang, melihat banyaknya status pernikahan yang tersebar di beranda. Saya kira tidak salah untuk mengingatkan kembali bagi yang mau cari cincin pernikahan atau perhiasan lainnya, siapa tahu pernah tahu tapi lupa. Pengalaman penulis setahunan silam, ketika menukar cincin, ternyata si penjaga toko emas langsung bisa faham meskipun dia orang berwajah China.

Kairo, 23 Juli 2022

Turoobul Aqdam

Demikian Artikel " Transaksi Riba Jual Beli di Toko Emas "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama