Mengenal Ajaran dan Manhaj Syaikh Hasan Hitou

MENGENAL AJARAN DAN MANHAJ SYAIKH HASAN HITOU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Beredar sebuah video dimana Syaikh Hasan Hitou melarang orang membungkuk untuk mencium tangannya. Hal ini menjadi perdebatan khalayak di media sosial, terutama platform Facebook. Banyak yang berpersepsi bahwa Manhaj yang diikuti oleh Syaikh Hasan adalah wahabi, sebagian dari mereka mengatakan bahwa Manhaj Syaikh Hasan adalah Imam Syafi'i. lalu manakah yang benar?

Gus Nanal Ainal Fauz melalui akun facebooknya memberikan klarifikasi terkait manhaj Syaikhna Hasan Hitou di status facebooknya, Selasa (23/08/22):

Hari ini akun saya ditag berkali-kali oleh teman untuk klarifikasi manhaj Syaikhna Hasan Hitou, pendiri STAI Imam Syafi'i Cianjur.

Maka, setelah minta petunjuk dan musyawarah dengan beberapa masyayikh yang masih mengajar di STAI Imam Syafi'i, saya jawab berikut:

1. Syaikh Hasan Hitou adalah ulama besar dari Suriah yang azhari. Manhajnya seperti ulama Suriah dan Al-Azhar lainnya.

2. Jika ingin melihat manhaj beliau, lihatlah dari dosen-dosen yang hingga sekarang masih diamanahi mengajar di STAI Imam Syafi'i Cianjur. Juga dari para alumni yg sudah mulai menyebar di penjuru Indonesia. Jangan lihat dari seorang syaikh sudah keluar dari STAI Imam Syafi'i yang pernah dimarahi/taubikh Syaikh Hasan Hitou karena keluar dari manhaj Ahlussunnah wal Jama'ah.

3. Lihat pula manhaj beliau dari kitab-kitab yang atas persetujuan beliau diajarkan di STAI Imam Syafi'i. Dalam bidang hadits: Al-Kutub as-Sittah. Dalam bidang Fiqh: Hasyiyah Al-Mahalli Ala Minhajit Thalibin. Dalam bidang Ushul Fiqh: Hasyiyah Al-Mahalli ala Jam'il Jawami'. Dalam bidang Aqidah: Hasyiyah Al-Bajuri Ala Jauharatit Tauhid dan Syarah At-Taftazani ala al-Aqaid an-Nasafiyyah. Bidang Tasawwuf: Ihya' Ulumiddin, Al-Hikam Al-Atha'iyyah, dll. 

4. Syaikh Hasan Hitou adalah seorang faqih madzhab syafi'i yang juga ushuli. Pemikirannya tidak serampangan seperti orang2 wahhabi.

$ads={1}

Kitab fiqh yang beliau tulis adalah kitab Asy-Syamil lil Furu' wal Masa'il, ensiklopedi dalam madzhab Syafi'i yang rencananya ditulis dalam 160 jilid. Kabar terakhir yang saya terima, baru sampe jilid ke-73, bab Luqathah.

Sedangkan dalam Ushul Fiqh, Syaikhna Hasan Hitou menulis kitab Al-Wajiz dan Al-Khulashah.

4. Dalam kitab Al-Khulashah, Syaikh Hasan Hitou -seperti ulama ushuliyyin lainnya- menganggap larangan ziarah kubur telah dinasakh dg perintah فزوروها .

5. Soal video Syaikh Hasan Hitou melarang orang lain membungkuk untuk mencium tangannya, itu merupakan bentuk tawadlu' dan tarbiyah beliau untuk para santri agar mempunyai izzatun nafs, hingga tidak mudah menghinakan diri di hadapan orang lain.

Larangan membungkuk dan cium tangan itu pun tidak selamanya. Sering kali santri-santri STAI Imam Syafi'i -terutama santri dekat- dibiarkan mencium tangan Syaikh Hasan dg menundukkan badan. Tak ada larangan dari beliau.

Dahulu Syaikh Hasan pun saat bertemu dg guru-guru beliau juga cium tangan. Bahkan beliau pernah berkata di hadapan para santri, "Sebuah kemuliaan bagiku dapat khidmah membawakan sendal guru-guruku".

Melalui kesimpulan diatas, maka dipastikan Syaikh Hasan Hitou bermazhab Syafi'i, hanya saja ia melarang membungkukan badan ketika mencium tangannya sebagai bentuk Tawadhu'.

Oleh: Gus Nanal Ainal Fauz

Editor: Rumah-Muslimin

Wallahu a'lam

Demikian Artikel " Mengenal Ajaran dan Manhaj Syaikh Hasan Hitou "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close