Sabar dan Ilmu

 

SABAR DAN ILMU

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ketika tahun ke dua di Fakultas Bahasa Arab, mahasiswa Mesir heran melihat Syaikh Fauzi menghafal matan Minhajul Wushul fi ilmil ushul, padahal sebentar lagi ujian Al-Azhar akan tiba. Lalu ada yang nyeletuk, "eh kamu fakultas Bahasa, ngapain ngafal Ushul Fiqh? Ujian sudah dekat lho, kenapa gak ngafal diktat saja"

Lalu Syekh Fauzi menjawab, "Saya ini bukan mahasiswa dari Mesir, yang ketika ditanya masalah fikih, atau ushul fikih, bisa menjawab, saya jurusan bahasa, itu bukan spesialis saya, maka masalah akan selesai."

"Saya ini mahasiswa asing, ketika saya pulang ke kampung, orang tidak mau tau, saya harus bisa menjawab semua pertanyaan, mereka tidak kenal spesialis, mereka tahunya, santri Al-Azhar itu menguasai semua bidang ilmu agama. Ketika kamu ditanya dan kamu jawab, 'maaf, saya jurusan bahasa, fikih bukan spesialis saya' maka mereka akan langsung berhenti mencium tanganmu, seakan2 kau dianggap tak punya ilmu"

***

Grand Syaikh pernah menasihatkatan, "Kuliah di sini, di universitas, hanyalah pintu gerbang, di mana gedungnya? Di Masjid Al-Azhar, kalau kamu belajar di sini kurang dari 6 tahun maka kamu tak akan mendapatkan apa2".

***

Kalau kalian ingin menikmati lezatnya lautan tulisan dan pemikiran para ulama, maka mulailah bersabar dalam belajar Nahwu dan Sharaf, kemudian Mantiq, lalu Balaghah, setelah itu Ushul Fiqh, begitu madrasah ulama mengurutkannya. As-shabr wat tadarruj. 

Sebab buku2 para ulama, khususnya yang turast (klasik),  ditulis menggunakan dan seringkali memaparkan semua (kaidah) ilmu tersebut dalam karangan2 mereka. Tujuan utama dari itu semua adalah memahami Al-quran dengan pemahaman yang benar, bukan dengan terjemahnya.

$ads={1}

Mungkin perlu waktu bertahun2, perlu kesabaran, perlu banyak yang dikorbankan, bahkan kau memang harus memberikan seluruh dirimu, agar ilmu mau memberikan sebagian dirinya. Bukankah menuntut ilmu wajib dari buayan hingga ke liang lahat?

Hafizahumullah Masyaiikhana

19/1/2018

Oleh: Fahmi Ain Fathah

Demikian Artikel " Sabar dan Ilmu "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close