8 Amalan Sunnah Ketika Terjadi Wabah

8 AMALAN SUNNAH KETIKA TERJADI WABAH

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Sunnah - Sunnah pada waktu terjadi wabah:

1. Tidak berinteraksi dengan orang yang kena wabah

Dalil nya berdasarkan hadits nabi; apabila kalian mendengar kabar berita terjadi nya wabah thoun di suatu negeri jangan kalian masuk ke negeri tersebut. Dalam hadits yang lain; larilah kalian dari orang kena penyakit lepra sebagai mana kalian lari dari singa.

2. Wajib menjaga diri dari wabah, tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain

Menjaga diri merupakan salah satu dari 5 yang harus dijaga dalam agama islam disebut dengan Hifzul nafsi .

Dalilnya hadits nabi ; tak boleh menimbulkan bahaya dan membahayakan yang lain .

Umar bin Khattab mengatakan; pindah dari satu takdir kepada takdir yang lain. Dari yang jelas buruk kepada yang baik.

$ads={1}

3. Berbaik sangka kepada Allah

Berkeyakinan bahwa wabah  itu tidak sampai ke kampung halaman kita dan tidak mengenai kita. 

Dalil nya dalam hadits qudsi disebutkan; Allah tergantung prasangka hambanya kepada nya. Maka kita wajib berprasangka baik, semoga Allah jauhkan kita dari wabah tersebut.

Dan apabila mengenai kita juga setelah mengikuti langkah pencegahan, maka itu yang terbaik dalam pandangan Allah, maka harus dikembalikan kepada iman kita kepada takdir baik dan buruk datangnya dari Allah. Kemudian Mati dalam keadaan beriman  kepada takdir baik dan buruk datangnya dari Allah maka mati syahid.

4. Minta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat

Sebelum menyebar di masyarakat dan lingkungan kita , perbanyak shalat berjamaah ke masjid, dan apabila telah menyebar di negeri tersebut maka Sunnah nya shalat di rumah masing masing . Bukan meninggalkan shalat. Azan tetap dikumandangkan sebagai tanda waktu shalat sudah masuk demikian berdasarkan riwayat Ibnu Abbas.

Baca Juga: Iman Orang Tarim di Wabah Corona

5. Sebelum dan sesudah beraktivitas berwudhu dan mandi

Sunnah wudhu termasuk yang banyak dilalaikan sebagian kita. Dalam keadaan wabah, wudhu merupakan diantara jalan pencegahan penularan wabah, sebab wabah ini suatu yang kotor dan datang nya dari benda kotor , maka untuk membersihkan yang kotor dangan air. Artinya Menjaga kebersihan badan, makanan dan lingkungan.

6. Perbanyak doa

Dalam hadits disebutkan; diantara yang bisa merubah takdir yaitu doa. Maka oleh sebab itu perbanyak doa agar dijauhkan dari wabah tersebut dengan doa doa yang diajarkan nabi, dan perbanyak zikir, amalan dan wirid dari ayat Alquran .

7. Bertawakal kepada Allah

Setelah semua Sunnah Sunnah pencegahan sudah dilakukan, baru serahkan kepada Allah dengan bertawakal kepada Allah.

Sikap ini dilakukan apabila kita sudah terkurung di negeri yang ditimpa wabah, tak dapat berbuat apa-apa lagi. Sambil tetap menjaga jangan sampai tertular.

8. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi madu, kurma dan habbat sauda

Mengkonsumsi madu, kurma dan habbat sauda merupakan Sunnah nabi , untuk menjaga asupan gizi . Sebab wabah biasanya menyerang orang yang daya tahan tubuh nya lemah. 

Diantara sabda nabi ; kesembuhan tersebut terdapat pada madu. kurma ajwa pencegah racun dan habbat sauda obat segala penyakit kecuali mati.

Demikian diantara Sunnah yang bisa kita lakukan ketika terjadi wabah. Semoga bermanfaat.

Oleh : Rahmat Taufik Tambusai 

Demikian Artikel " 8 Amalan Sunnah Ketika Terjadi Wabah "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close