Apakah Basmalah Pada Al Fatihah Bagian Dari Ayat?

APAKAH BASMALAH PADA AL FATIHAH BAGIAN DARI AYAT?

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Semua Mushaf sepakat menulis basmalah pada permulaan Al Qur-an, yaitu pada Surat Al Fatihah, namun para Imam Qiraat berbeda pendapat mengenai apakah basmalah ini termasuk ayat Al Qur-an ataukah tidak;

Para Qurra’ Madinah, Bashrah, dan Syam berpendapat bahwa basmalah bukan bagian dari Surat Al Fatihah, bukan pula bagian dari surat-surat lainnya (kecuali yang ada di tengah surat An Naml), basmalah ditulis sebab digunakan sebagai penanda pergantian surat dan juga untuk ‘tabarruk’. Dan ini adalah madzhab Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan para pengikut keduanya. Oleh sebab itulah mereka tidak tampak (‘jahr’) membaca basmalah ketika shalat.

Dan menurut Para Imam Qiraat Makkah dan Kufah, basmalah adalah bagian daripada surat Al Fatihah, juga semua surat lainnya. Ini sama dengan pendapat Imam Asy Syafi’i dan para Ashhab beliau. Oleh sebab itulah mereka membaca basmalah dengan ‘jahr’.

Diantara yang menguatkan pendapat pertama, yaitu basmalah bukan bagian dari Al Fatihah, adalah; Pertama, lebih banyak Imam Qiraat dan Imam Madzhab yang berpendapat demikian. Kedua, hadits-hadits yang menjadi pijakan pendapat ini juga lebih shahih, sebab kesemua hadits itu ada di Shahihain.

$ads={1}

Oleh karena kuatnya khilaf masalah ini, Imam Al Maziri, seorang Imam Malikiyyah, saat membaca Al Fatihah dalam shalat beliau tetap membacanya, dengan lirih (‘sirr’), saat ditanya alasannya beliau berkata : “Madzhab Malik bulat satu pendapat, bahwa membaca basmalah tidak membatalkan shalat. Sedangkan madzhab Asy Syafi’i juga bulat satu pendapat, bahwa orang yang tidak membaca basmalah maka shalatnya batal.”

Jadi, (bagi pengikut madzhab Maliki, seperti muallif kitab ini) sikap yang lebih wara’ adalah tetap membaca basmalah dalam shalat, demi menghindari perselisihan pendapat, ‘khuruj minal khilaf’, namun tidak perlu diniati wajib, sebab itu bertentangan dengan madzhab Maliki, tapi tidak perlu juga diniati sunnah, sebab itu bertentangan dengan madzhab Asy Syafi’i.

Wa Allah ta’ala A’lam

Oleh: Ahmad Atho

Demikian Artikel " Apakah Basmalah Pada Al Fatihah Bagian Dari Ayat? "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah -

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close